Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Kalsel Upayakan Pengembangan BUMP

×

Kalsel Upayakan Pengembangan BUMP

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Kalsel berupaya mengembangkan badan usaha milik petani (BUMP), terutama di bidang peternakan dalam rangka meningkat kesejahteraan peternak di daerah.

Android


“BUMP ini sudah ada di Kabupaten Tanah Laut, yang berhasil mengembangkan sapi bantuan Australia,” kata Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo kepada wartawan, Rabu (2/9/2020), di Banjarmasin.


Pengembangan sapi Australia ini yang dilakukan salah satu pondok pesantren ini cukup berhasil, dimana bantuan sekitar 110 ekor sapi berkembang menjadi 280 ekor sapi dalam tiga tahun terakhir, dengan kandang yang berlokasi di daerah Tambang Ulang.


“Kini direncanakan pengembangan sapi dari Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui BUMP sebanyak 500 ekor,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini.


Program melalui Seknas BUMP ini diharapkan petani hanya berkonsentrasi mengembangkan peternakan atau produksi sapi, sedangkan pemasarannya diserahkan kepada PT Bangun Banua untuk penyediaan sapi potong.


“Kita harapkan bisa meningkatkan produksi peternakan Kalsel, apalagi bupati setempat sudah meminta izin pemanfaatan eks lahan tambang untuk kegiatan peternakan seluas 200 hektare,” jelas Imam Suprastowo. (lyn/KPO-1)

Iklan
Iklan