Bahan Pangan Murah di HSS
Masyarakat Bisa Membeli di Toko Tani Indonesia

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) memiliki Toko Tani Indonesia, yang menjual barang-barang kebutuhan pokok dengan harga di bawah pasaran untuk seluruh masyarakat Kabupaten HSS.

Toko Tani Indonesia berada di samping Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS, Jalan Kamboja nomor 15 Kelurahan Kandangan Utara, Kecamatan Kandangan. Toko tersebut buka di hari kerja, pukul 8.00 sampai 16.00 Wita.

Dikelola Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS, Toko Tani Indonesia sudah beroperasi sejak 2018 lalu menjual bahan-bahan pangan, mulai dari gula, beras, daging, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya.

Hal itu dimaksudkan untuk menjaga harga dan ketersediaan bahan pangan, apabila dipasaran sedang tidak stabil.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS, Akhmad Mawardi mengatakan, Toko Tani Indonesia di Kalimantan Selatan (Kalsel) hanya ada 3 daerah, salah satunya di Kabupaten HSS.

“Alhamdulillah, kita diberikan kepercayaaan oleh pimpinan untuk melaksanakan tugas membuka dan mengelola Toko Tani Indonesia,” tuturnya.

Berita Lainnya
1 dari 340

Pihaknya bekerjasama dengan Perum Bulog dalam ketersediaan barangnya, serta distributor lainnya baik dari dalam daerah maupun daerah lain. Sehingga bisa menjual bahan pokok dengan harga yang tidak di atas  harga pasar.

Mawardi menyebutkan, salah satunya saat ini pihaknya menyediakan daging beku dengan harga Rp 85 ribu rupiah per kilogram. Hal itu ujarnya, bahkan lebih murah dari yang dijual di pasaran.

“Alhamdulillah sangat diminati masyarakat, baru datang 100 kilogram dari distributor langsung habis dalam hitungan jam,” ungkapnya, Selasa (20/10/2020) kemarin.

Ia bersyukur, saat pertengahan pandemi Covid-19 lalu, Toko Tani Indonesia dapat membantu dalam menyediakan bahan-bahan pokok masyarakat, terutama dengan harga di bawah pasar maupun harga standar.

Mawardi mengatakaan, Toko Tani Indonesia saat ini berada di Kantor Dinas  Ketahanan Pangan Kabupaten HSS, karena keterbatasan dana sehingga tidak bisa membangun di luar kantor. Namun terangnya, seluruh masyarakat bebas membeli dan tidak harus ASN.

Ia mempersilakan seluruh masyarakat di Kabupaten HSS, untuk berbelanja kebutuhan pangan di Toko Tani Indonesia itu.

Menyikapi adanya pandemi Covid-19, masyarakat yang ingin membeli di Toko Tani Indonesia diimbau menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker. Di Toko tersebut juga, saat ini dipasang bilik plastik untuk antisipasi penyebaran Covid-19. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya