Iklan
Iklan
Iklan
Pulang Pisau

Bimbingan dan Bantuan Stimulus Usaha Menjahit Bagi IKM

×

Bimbingan dan Bantuan Stimulus Usaha Menjahit Bagi IKM

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Disperindagkop Yuntrisia menyematkan tanda peserta bimbingan dan bantuan stimulus usaha menjahit bagi IKM. (kp/sgt)

Pulang Pisau, KP – Untuk memulihkan ekonomi pelaku usaha dimasa pandemi Covid-19, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menangah (Disperibdagkop dan UKM), Senin (12/10/2020), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) produksi bagi Industri Kecil Menengah (IKM) konveksi terdampak Covid-19 di Pulpis dan pemberian stimulus bagi pelaku usaha menjahit tahun 2020.

Kepala Disperindahkop dan UKM Elieser Jaya melalui Sekretaris Disperindagkop Yuntrisia mengatakan, tujuan dilaksanakannya Bimtek ini untuk menumbuh kembangkan IKM Konveksi yang mahir untuk memproduksi Masker dan APD dengan kualitas jahitan sesuai standar yang berlaku di Wilayah Kabupaten Pulpis.

Android

” Dampak dari Covid-19 ini, tidak hanya membuat kehawatiran untuk kesehatan masyarakat, juga berpengaruh pada ekonomi. Dan selain kita memberikan Bimtek kepada IKM konvekai yang terkena dampak Covid-19, selanjutnya kita juga akan memberikan stimulus bagi pelaku usaha ini, ” kata Yuntrisia.

Dia berharap nantinya para IKM yang bergerak di bidang konveksi ini mampu membuat masker yang sesuai dengan protokol kesehatan, dan dimana nantinya efek dari itu ada pendapatan yang di dapat oleh para IKM.

” Untuk itu, kita ada mendatangkan instruktur dari Palangkaraya untuk memberikan pelatihan itu,” terangnya.

Menurutnya untuk peserta sendiri berjumlah 28 orang, merupakan IKM binaan yang ada di pulang pisu yang betul betul bergerak dibidang konveksi. Dan untuk instruktur berjumlah 2 (dua) orang, yakni Ruthrinasi U. Mangkin dari Balai Latihan Kerja (BLK) Palangkaraya, dan Rini Ardyani dari LPK Huma Jahit Eka Panatau.

Sementara Instruktur BLK Palangkaraya Ruthrinasi U. Mangkin mengatakan, dalam memberikan bimbingan pihaknya pertama- tama akan memberikan pengetahuan dasar, teknik pembuatan masker sesuai Protokol Kesehatan, dan pembuatan Alat Pelindung Diri (APD)

Baca Juga:  Pasien Covid-19 Pulang Pisau Bertambah 2 Orang

” Untuk memberikan pelatihan ini, kita sesuaikan dengan target pembuatan dan memberikan bimbingan yang benar kepada mereka bagaimama teknik menjahit masker dan APD itu,” pungkasnya. (sgt/k-10)

Iklan
Iklan