Pelaku Usaha UMK Wajib Kuasai Pemasaran Digital

Paringin, KP – Berkembangnya teknologi informasi di Indonesia sangat berpengaruh hampir di semua sektor kehidupan, tak terkecuali bagi para pelaku usaha. Internet ang bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja memungkinkan lebih banyak orang untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain.

Hal ini lah membuat Dinas Koperasi, Usaha Kecil/Mikro dan Perindustrian Kabupaten Balangan adakan pelatihan pemasaran produk UKM melalui IT, bersama Balai Pelatihan Provinsi Kalimantan Selatan, di Hotel Mulia Paringin, Kamis (15/10/2020) kemarin.

Pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari Senin-Kamis (12-15/10) ini diikuti sebanyak 30 pelaku UKM dari berbagai usaha di Kabupaten Balangan, serta tiga narasumber dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil/mikro pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil/Mikro dan Perindustrian Balangan, Akhmad Hairani, menyampaikan pelatihan ini ditujukan untuk menambah wawasan strategi pemasaran produk usaha para UKM di Balangan.

Selain menambah wawasan, tentunya ini bertujuan dalam membangun strategi pemasaran dan komunikasi yang baik dan tepat sasaran serta menanamkan pemahaman tentang pentingnya persaingan ekonomi maupun pasar.

“kami berkerja sama dengan Balai Pelatihan Provinsi dimana dulunya kami mengajukan permohonan untuk mengadakan pelatihan ini, mengingat pelatihan ini sangatlah penting untuk para UKM,” ujarnya.

Berita Lainnya

Aksi Tanam Pohon di Kebun Raya Balangan

1 dari 337

Menurutnya, dengan teknologi informasi yang sudah semakin berkembang ini respon yang cepat dari pelanggan menjadi pemasaran digital dipilih oleh sebagian besar pelaku usaha saat ini. Dengan jangkauan yang sangat luas konsumen bisa didapatkan dari mana saja.

“Dengan pemasaran digital pelaku usaha lebih banyak peluang menargetkan konsumen baru yang lebih spesifik dibanding pemasaran tradisional, selain itu bisa pemasaran bisa dihemat karena proses pemasaran yang dilakukan sendiri, dibandingkan bila pelaku usaha harus membayar orang lain sebagai tenaga pemasaran,” jelasnya.

Hairani berharap melalui pelatihan pemasaran produk UKM melalui IT ini bisa meningkatkan usaha dan pendapatan bagi para UKM.

“kami berharap dari pelatihan ini nanti para UKM akan lebih maju dan lebih bersemangat dalam mengembangkan usahanya, apalagi saat musim pandemi seperti ini sangat diharapkan pemasaran produk melalui kode IT,” imbuhnya.

Salah satu pelaku usaha UMK yang menjadi peserta pelatihan pemasaran produk UKM melalui IT ini sangat berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Balangan melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil/Mikro dan Perindustrian yang telah menggelar pelatihan seperti ini.

“Mudah mudahan kedepannya pelatihan seperti ini selalu diadakan karena ini bisa menambah pengetahuan bagi kami selaku pelaku usaha,” pungkasnya. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya