Pemilih Banjarmasin Didominasi Kaum Perempuan

Banjarmasin, KP – Sebanyak 448.175 warga Banjarmasin resmi ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Serentak 9 Desember mendatang.

Jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang berjumlah 446.612, itu artinya mengalami peningkatan sebanyak 545 pemilih.

Peningkatan jumlah itu sudah sesuai mekanisme yang dilakukan. Yakni uji publik dan keaktifan masyarakat melaporkan diri jika belum terdaftar.

“Kami juga jemput bola dengan memberikan link. Kemudian banyak yang melaporkan diri (mendaftar). Memang yang tidak memenuhi syarat dan sebagainya juga banyak, tapi pemilih baru juga banyak,” ucap Rahmiyati Wahdah, Ketua KPU Kota Banjarmasin kepada awak media, usai rapat pleno di salah satu hotel berbintang, Kamis (15/10) pagi.

Berita Lainnya
1 dari 1.620

Menurut Rahmi, berdasarkan DPT yang ada, sebanyak 448.157 pemilih ini terbagi atas 219.336 perempuan, sedangkan pria sebanyak 228.821.

Selanjutnya, berdasarkan DPT ini pula nanti akan diusulkan jumlah surat suara yang akan dicetak.

“Jadi memang untuk DPT ini yang lebih banyak adalah perempuan,” katanya.

Sementara disinggung mengenai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rahmiyati menegaskan tidak mengalami penambahan.

“Untuk TPS jumlahnya tetap yakni sebanyak 1.199, dan kapasitas tiap TPS maksimal 500,” pungkasnya. (Sah/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya