Uji Publik Penyusunan KLHS-RPJMD Masuk Tahap Akhir

Martapura, KP – ”Kegiatan ini sudah memasuki tahapan akhir penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), dengan harapan ini bisa menjadi acuan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Banjar yang akan disusun pada 2021-2025 sebagai dasar pembangunan 5 tahun kedepan,” kata Kepala Bappeda Litbang Galuh Tantri Narindra saat membuka Uji Publik II Kegiatan Penyusunan KLHS RPJMD, di Aula Barakat Martapura, Senin (26/10).

Dalam arahannya Sekdakab HM Hilman mengatakan, seiring rencana pelaksanaan pilkada serentak, dari RPJMD tersebut nanti akan disusun berdasarkan visi misi Bupati/Wakil Bupati terpilih.

”Ini merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang memiliki dampak luas terhadap wilayah Kabupaten Banjar, dengan kebijakan, rencana dan program kegiatan yang termuat didalamnya,” tandasnya.

Berita Lainnya
1 dari 412

Menurutnya, tempatkanlah setiap upaya pembangunan dalam kondisi proporsional terhadap aspek sosial, ekonomi dan lingkungan hidup, sehingga hasilnya bisa memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

”Sebelum RPJMD disusun berdasarkan visi misi Bupati/Wakil Bupati terpilih, tahun ini harus dipersiapkan dulu berdasarkan amanah pelaksanaan penyusunan KLHS RPJMD Banjar, semua akan dikaji dari isu strategis berdasarkan capaian indikator saat ini,” katanya.

KLHS yang disusun ini, sambungnya, benar-benar menjadi penunjang agar RPJMD yang nantinya disusun, tepat seperti yang kita inginkan dengan memperhatikan paradigma pembangunan berkelanjutan.

Tenaga Ahli Pendamping KLHS RPJMD Gusti Muhammad Hatta mengungkapkan, uji publik ini sudah memasuki tahap menjelang akhir. Lebih kepada pencarian alternatif program atau kegiatan dalam rangka pencapaian pembangunan berkelanjutan. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya