Wabup Buka Kegiatan Pembinaan Menegemen Pengelolaan Masjid

Kasongan, KP – Wakil Bupati Katingan Sunardi NT.Litang, pada Sabtu (24/10/2020) akhir pekan kemarin ,berkesempatan membuka kegiatan Pembinaan Menegeman Penggelolaan Masjid, serta pelatihan Khatib, Imam dan Bilal, di Masjid Al- Yaman Manduing Taheta Kecamatan Pulau Malan Kabupaten Katingan.

” Masjid merupakan satu institusi sentral dalam peradaban islam dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejarah umat islam,” kata Wabup.

Dikatakannya, bahwa masjid pula sebagai basis ideologi dan spiritual umat islam, juga berperan sebagai wahana untuk mempasilitasi berbagai upaya pemberdayaan dam penguatan kapasitas umat dibidang, pendidikan, ekonomi, sosial, budaya serta berbagai bidang lainnua.

” Di masjid pula, merupakan kegiatam komunitas muslim, sebagai tempat bersosialisasi, tempat majelis ilmu-ilmu agama serya tempat mensucikan dan mendekatkan diro kepada Allah SWT,” sebutnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.170

Dirinya berharap, khusus kepada Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD-DMI) Kabupaten Katingan, agar senantiasa memberdayakan masjid untuk melakukan hal hal yang bersifat edukasi, kemudian mendotong masjid agar dimanfaatkan tak hanya sebagai tempat ibadah saja, ” namun masjid juga digunakan sebagai tempat majelis ta ‘lim tahfiz quran serta pendidikan non formal,” ungkapnya.

Sementara Ketua PD-DMI Kabupaten Katingan, H.Taufikqurahman S.Ag pada kesempatan itu, mengungkapkan, kegiatan menegemen pengelolaan masjid serta pelatihan khatib, imam dan bilal ini diikuti sebanyak 50 orang peserta.

Dijelaskannya, kegiatan ini diikuti oleh 3 Kecamatan yakni Kecamatan Katingan Hilir sebanyak 2 masjid, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing sebanyak 2 masjid dan Kecamatan Pulau Malan sebanyak 15 masjid.

“Kegiatan pembinaan ini diselenggarakan oleh PD-DMI Katingan di pusatkan di Maajid Al-Yaman Kecamatan Pulau Malan,” timpal H.Taufiqurrahman. (isn/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya