Bawaslu Balangan Perketat Pengawasan Tahapan Kampanye

Paringin, KP – Guna menghindari adanya klaster baru penyebaran covid 19 pada tahapan kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan serta Gubernur dan wakil gubernur Kalsel di kabupaten Balanganl yang dilaksanakan tanggal 9 desember 2020. Badan Pengawas Pemilihan Umum (bawaslu) kabupaten Balangan siap melakukan Pengawasan Tahapan Kampanye Paslon.

Ketua Bawaslu Balangan, Rosmelyanoor menerangkan, pihaknya telah mendapatkan tembusan usulan jadwal kampanye yang akan dilangsungkan kedua Paslon. Lantas, Bawaslu Balangan sebutnya akan melakukan pengawasan secara melekat.

“Pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu ketika kampanye berlangsung ialah pengawasan melekat,” ujar Rosmelyanoor, Kamis (05/11).

Pengawasan melekat jelasnya pengawasan yang langsung dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten hingga tingkat desa terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Paslon. Tentunya pengawasan berlangsung saat acara di mulai hingga selesai.

Kemudian hasil pengawasan akan dituangkan dalam form A yakni laporan pengawasan. Selain itu, karena di masa pandemi Covid 19, protokol kesehatan pun wajib dijalankan pada pelaksanaan kampanye.

Sebut Rosmelyanoor, apabila ada peserta kampanye atau dalam pelaksanaan kampanye didapati pelanggaran maka akan dikenakan sanksi.

“Khususnya dalam hal protokol kesehatan, apabila tidak taat, akan dikenakan sanksi teguran secara lisan,” imbuhnya.

Berita Lainnya
1 dari 335

Sementara, dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Balangan Sudah Ajukan Jadwal Kampanye, Bawaslu siap lakukan pengawasan melekat pada tahapan kampanye yang dimulai sejak 26 September hingga 5 Desember mendatang.

Khususnya di Kabupaten Balangan, dua pasangan calon, yakni Paslon nomor urut 1, H Abdul Hadi – Supiani (HAS)  dan Paslon nomor urut 2, Ansharuddin- Iswan (ANIS) juga terus menyapa masyarakat. Terkadang, keduanya menghadiri acara yang dilangsungkan oleh warga apabila mendapatkan undangan.

Pelaksanaan kampanye saat ini memiliki aturan disiplin protokol kesehatan, karena berlangsung di tengah pandemi Covid 19.

Setiap pasangan calon harus meminta STTP kepada pihak kepolisian dan pemberitahuan kepada Satgas Covid 19 Kabupaten Balangan.

Baik pasangan HAS maupun ANIS sudah mengusulkan atau memberitahukan jadwal kampanye terbuka yang akan mereka langsungkan.

Informasi beredar, jadwal pasangan HAS, dimulai pada tanggal 8 hingga 14 November. Ada 23 nama desa yang tertera pada jadwal tersebut dan akan didatangi oleh Paslon HAS.  Kemudian pihaknya juga akan membagikan APK pada gelaran kampanye yang berlangsung.

Sedangkan, untuk pasangan ANIS mengajukan jadwal kampanye pada tanggal 9 November hingga 5 Desember. Delapan kecamatan dijadwalkan untuk dikunjungi pada kampanye tersebut. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya