Bawaslu Banjar Sosialisasikan Pengawasan Tahapan Kampanye

Martapura, KP – Mengangkat tema ”Pengawasan Tahapan Kampanye Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banjar tahun 2020”, Bawaslu setempat menggelar sosialisasi pada talkshow Radio Suara Banjar yang jadi program radio FM andalan Diskominfostandi, pekan kemarin.

Talkshow ini menghadirkan narasumber anggota Bawaslu Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Hairul Falah. Dia menjelaskan, tahapan kampanye paslon Pilkada kali ini ada di masa Pandemi Covid-19.

”Jadi agenda kampanye semuanya dipusatkan di ruang tertutup, baik dialog maupun kegiatan kampanye lainnya dengan membatasi jumlah peserta tidak lebih dari 50 orang,” katanya.

Disamping itu, paslon juga harus menyiapkan standar protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 dan berkewajiban memberikan arahan atau imbauan kepada pendukungnya agar tidak dikenakan sanksi, terutama dalam pemakaian masker.

Berita Lainnya
1 dari 412

”Terus terang saja masih ditemukan pendukungnya tidak memakai masker. Jadi ada baiknya paslon menyediakan masker,” jelasnya.

Hairul juga mengakui ada masukan dari beberapa paslon yang sedikit kesulitan mengendalikan jumlah peserta kampanye, mengingat sulit bagi paslon langsung melarang atau bahkan mengusir pendukungnya, disisi lain mereka harus taat aturan kampanye.

”Jadi kami memberi solusi, sebaiknya yang fokus di area kampanye disesuaikan standar ketentuan 50 orang, sisanya bisa di tempat lain, lebih bagus lagi lewat daring,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, dia kembali mengingatkan netralitas ASN agar tidak terlibat politik praktis. Diharap aturan tersebut bisa dipahami dan dijalankan ASN di Kabupaten Banjar dengan baik.

”Kami juga berpesan agar masyarakat tidak terlibat dalam praktek money politik. Ini harus dihindari karena sekarang ada aturannya, baik pemberi maupun penerima sama-sama bisa dikenakan sanksi pidana,” pungkasnya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya