Bupati HSS Pantau Inovasi Desa Sungai Mandala dan Muning Baru

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry berkunjung ke Desa Sungai Mandala dan Desa Muning Baru, Kamis (19/11/2020) kemarin. Hal itu untuk memantau inovasi, yang dilakukan kedua desa tersebut.

Desa Sungai Mandala, Kecamatan Daha Utara memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), berupa 18 petak/kios yang disewakan untuk masyarakat berjualan. Letaknya di sepanjang jalan, berdekatan Masjid Jami Iberahim.

Sedangkan Desa Muning Baru, Kecamatan Daha Selatan melakukan program inovasi, yakni pembuatan WC tripikon-S.

Tripikon-S itu membuat wc lebih ramah lingkungan, yaitu kotoran akan dicampur dengan kaporit. Sehingga keluarnya sudah menjadi lumpur, dan tidak mencemari sungai atau rawa.

Alat itu dibuatkan dengan dana desa, kemudian dipasangkan ke rumah-rumah warga yang berada di bantaran sungai dan berkategori rumah tangga miskin (RTM).

Berita Lainnya
1 dari 342

“Alhamdulillah, hari ini kami mampir ke dua desa yang ada di Kecamatan Daha Utara dan Daha Selatan, untuk memantau inovasinya,” ucap Bupati HSS Achmad Fikry.

Achmad Fikry meminta Kepala Desa Sungai Mandala, untuk terus mengoptimalkan keberadaan Bumdes yang dikelola desa tersebut. Sebab, keuntungan usaha dari Bumdes itu bisa digunakan untuk keperluan operasional kantor desa, maupun untuk tambahan penghasilan bagi perangkat desa.

Ia bersyukur, sebagian besar dana keuntungan Bumdes itu disalurkan untuk bantuan sosial. “Seperti bantuan untuk orang meninggal, dan berbagai bantuan lainnya,” sebutnya. 

Achmad Fikry juga memuji inovasi yang dilakukan Desa Muning Baru, sebab hal itu tepat dilakukan di daerah rawa dan sungai. Ia bersyukur, inovasi itu sudah diterapkan di rumah-rumah warga desa tersebut.

Pada peninjauan inovasi di kedua Desa itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS Muhammad Noor, turut mendampingi Bupati. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya