]Ditengah Pandemi
Peringatan Hari Jadi Tala Tetap Dilakukan

Pelaihari, KP – Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut yang ditetapkan melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1965 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II Tanah Laut pada tanggal 2 Desember 1965.

Tahun ini tepat tanggal 2 Desember 2020 Bumi Tuntung Pandang sudah memasuki usia yang ke-55 tahun.

Peringatan hari jadi Bumi Tuntung Pandang pada tahun ini mengusung tema Rakat Mufakat Tanah Laut Sehat, dengan tema ini Pemerintah mengharapkan rakyat mampu hidup bersama dalam kerukunan dan damai, serta rakyat mampu belajar dari pandemi saat ini untuk selalu menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Semangat dan kebersamaan yang erat antara pemerintah dan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran pandemic Covid-19 dan kembali bangkit seperti sedia kala.

Melihat situasi sekarang bahwa Pandemi Covid-19 yang masih belum selesai, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dalam memperingati hari jadi tahun ini beda dengan perayaan yang sebelumnya. Dimana tidak ada seremonial, gelaran perayaan yang selalu dilaksanakan dengan meriah dan menyuguhkan berbagai hiburan bagi masyarakat.

Peringatan hari jadi ditengah pandemi saat ini menjadi titik balik bahwa meskipun kita peringati secara sederhana, namun semangat, pikiran dan tindakan tidak boleh sederhana, justru ditengah pandemic harus semakin kreatif menciptakan inovasi-inovasi baru agar kita dapat kembali bangkit dan Pandemi Covid-19 ini segera selesai dan hilang dari Bumi Tuntung Pandang yang sangat kita cintai ini.

Kepada KP, Selasa (23/11/2020) Bupati Tala menyebut Hari Jadi ke 55 Kabupaten Tala tahun ini memang dalam situasi yang kurang bagus karena pandemi Covid 19. “Tetapi kita tetap bersyukur karena, Pandemi Covid 19 dapat dikendalikan dengan baik, karena tingkat kesembuhan mencapai 92,91 persen dari 1214 kasus konfirmasi positif, dan angka kematian sebanyak 29 orang (2,39 persen), ucapnya.

Perekonomian di Tanah Laut juga cukup stabil terutama dari sektor primer (pertanian, peternakan, perkebunan dan Perikanan). Yg ditandai dengan stabilnya harga beras, daging, ikan dan telur. Harga Kelapa Sawit juga bagus di kisaran 1400 rupiah per kg, harga karet naik ke angka 8000 rupiah per Kg,” tuturnya.

Berita Lainnya
1 dari 480

Ditambahkan, demikian pula dengan jumlah UKM meningkat sebanyak 700 UKM baru. Dan banyak lagi parameter ekonomi yg menunjukkan stabilitas ekonomi di Bumi Tuntung Pandang di era pandemi Covid 19. Oleh karena itu seluruh masyarakat Tala diharapkan terus menjaga kesehatan, mengikuti protokol kesehatan serta terus berinovasi utk meningkatkan produktivitas, pesannya.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Tala Ahmad Khairin pada saat memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Hari Jadi ke-55 Kabupaten Tala, di Ruang Barakat Kantor Bupati Tala, Selasa (3/11/2020) lalu.

Peringatan Hari Jadi ke-55 Kabupaten Tanah Tala tetap dilaksanakan, namun perayaan tersebut tentunya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Khairin mengungkapkan jika pada tahun-tahun sebelumnya ada berbagai event atau hiburan, maka pada perayaan tahun ini tidak ada kegiatan yang mengumpulkan banyak massa seperti itu.

“Tidak ada event-event atau hiburan, hanya ada acara inti saja, ziarah kemakam pendiri Kabupaten Tala, silaturahmi dengan ahli waris para pendiri Tala, sholat hajat dan rapat paripurna DPRD Tala saja,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan puncak kegiatan Hari Jadi ke-55 Kabupaten Tala akan dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tala dan akan diikuti oleh seluruh Kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kantor Kecamatan se-Tala secara virtual melalui video conference.

“Semua SKPD dan kantor kecamatan ikut, melalui video conference tentunya, kita tidak bisa mengundang banyak massa. Mungkin hanya mengundang para Kepala SKPD serta tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Tala saja sebagai perwakilan,” pungkasnya.

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari jadi Tanah Laut ke 55 ini, beberapa SKPD melaksanakan berbagai lomba namun tetap mengacu kepada protocol kesehatan. Sebagai contoh perlombaan yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Laut yang mengggelar lomba secara virtual seperti lomba rawi, lomba menggambar tingkat SMP dan lainnya. Dinas pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Laut menggelar turnamen olahraga tanpa penonton agar menghindari terjadinya kerumunan. Meski tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya Akhmad Khairin mengharapkan perayaan hari jadi tahun ini tetap berjalan khidmat dan penuh semangat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Puncak peringatan Hari jadi Tanah Laut direncanakan dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2020 Mengingat pada bulan Desember ini akan digelar pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan periode 2020-2024, tepatnya pada tanggal 9 Desember 2020.

Sehingga Premarital Kabupaten Tanah Laut menetapkan waktu peringatan puncak hari jadi ke-55 pada tanggal 14 Desember 2020 setelah pemilihan kepala daerah selesai dilaksanakan.

Selamat hari jadi ke 55 Kabupaten Tanah Laut, Rakat Mufakat, Tanah Laut Sehat. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya