Doorprize, Motivasi Warga Buat KTP

Tanjung, KP – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabalong terus berupaya untuk memberikan motivasi kepada warganya pentingnya untuk miliki elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), kali ini dengan memberikan doorprize.

Kegiatan pemberian doorprize ini dilakukan masih dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tabalong ke-55 Tahun 2020, dengan sejumlah hadiah telah disiapkan bagi masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP, mulai 16 November hingga 9 Desember 2020.

Hal itu, sebagaimana yang diungkapkan Kepala Disdukcapil Tabalong, H Suryanadie S.Sos, M.AP, mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat yang telah mau melakukan perekaman e-KTP.

“Program ini dilakukan dalam upaya Dukcapil Tabalong untuk mempercepat peningkatan kepemilikan KTP Elektronik di Kabupaten Tabalong yakni dengan dilakukannya perekaman biometrik pertama kali bagi penduduk yang telah berumur 17 Tahun,” ujarnya belum lama tadi. 

“Upaya ini juga dilakukan dalam rangka Dukcapil mendukung pelaksanaan proses Demokrasi Indonesia Tahun 2020 ini, yakni Pemilihan Kepala Daerah secara serentak dimana Kalimantan Selatan akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada Tanggal 9 Desember 2020,” ujar Suryanadie.

Berita Lainnya

IPM Meningkat, Hasil Perjuangan Guru

1 dari 197

Adapun beberapa hadiah yang disediakan oleh Disdukcapil diantaranya smartphone, water pot, payung, termos dan barang kelengkapan menarik lainnya. Caranya sangat sederhana sekali yakni bagi penduduk yang telah berumur 17 Tahun pada tanggal 16 nopember s/d 9 Desember 2020 agar melakukan perekaman KTP elektronik, kemudian bukti perekaman disimpan untuk menjadi bukti yang diserahkan saat pengambilan hadiah di kantor Dukcapil. Pengumuman hadiah akan diinformasikan di website Dinca Dukcapil ini juga.

Dalam kesempatan itu, Kadisdukcapil juga menyampaikan kegiatan ini murni menggunakan dana swadaya mereka. “Dana yang digunakan untuk pembelian doorprize itu adalah dana dari swadaya Disdukcapil bukan dana dari APBD, jadi memang dana urunan dari rekan-rekan serta kepala bidang yang bersedia untuk memberikan sumbangan secara sukarela,” demikian pungkas Suryanadie.

Untuk Disdukcapil Tabalong SKPD Kabupaten Tabalong yang bertugas menangani bidang administrasi kependudukan berupa perekaman data kependudukan dan penerbitan dokumen pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, selalu berupaya melakukan inovasi-inovasi terbaik dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat Tabalong.

Salah satu inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Tabalong adalah Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan Cetak Ditempat, Ramah dan Tuntas atau yang disingkat dengan nama JPC. 

Tim JPC dikomandoi oleh Syaifullah Hasbi, S.ST selaku Ketua Tim JPC yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Seksi SIAK ini memiliki tugas melakukan layanan langsung datang ke masyarakat, baik melalui kantor Desa/Kelurahan, tempat-tempat pusat kegiatan masyarakat lainnya atau bahkan langsung datang ke rumah warga yang memang tidak bisa keluar rumah dikarenakan kondisi fisik.

Layanan yang dilakukan oleh Tim JPC ini langsung dilakukan di tempat dan dibuka untuk semua layanan administrasi kependudukan, diantaranya cetak kartu keluarga, surat pindah, ktp elektronik, kartu identitas anak, biodata WNI, akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan, akta perceraian, dan seluruh dokumen administrasi kependudukan lainnya dan langsung dapat di cetak di tempat layanan. 

Selain itu pada kegiatan ini juga dilakukan pengecekan golongan darah warga oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan yang merupakan kolaborasi antara Disdukcapil dengan Dinas Kesehatan dalam Jemput Bola Pelanduk Cerdas atau JPC. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya