Pandemi, Pentingnya Peran TPID Kendalikan Inflasi

Martapura, KP – Bertempat di Command Center Barokah Martapura, dilaksanakan secara virtual Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2020.

Kegiatan ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Pery Warjiyo, para kepala daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota yang juga berperan sebagai Ketua Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Dari Pemkab Banjar, kegiatan ini dihadiri Asisten Bidang Perekonomian HM Rusdi beserta staf. Presiden Jokowi mengatakan, sudah saatnya masyarakat bersatu di masa pandemi ini guna membangun perekonomian Indonesia. Disadari masa pandemi ini dirasakan dampaknya di sektor perekonomian. Dampak ini juga menjadikan inflasi di beberapa daerah, disinilah peran TPID dalam mengendalikan inflasi agar tetap terjaga.

Berita Lainnya
1 dari 415

”Saya berharap, dari kegiatan rakor lahir keputusan bersama yang baik dalam hal langkah pengendalian inflasi daerah yang akan memberikan keputusan dalam pengendaliannya, sehingga perekonomian kembali pulih dan membaik,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Presiden, rakornas ini merupakan amanat Kepres No 73 tahun 2017. Tahun ini diselenggarakan langsung dan daring dengan total peserta 673 orang. Menurutnya, saat ini peran UMKM sangat penting dalam skala nasional.

”Tindak lanjut tahun sebelumnya, diantaranya penguatan infrastruktur oleh TPID di beberapa daerah. Kemudian secara umum kebijakan 4A telah dijalankan di pusat dan daerah dan saat ini banyak inovasi yang dilaksanakan TPID, seperti di Sumatera, Bali, Kalimantan dan Sulawesi,” tutup Jokowi.

Selain membahas isu strategis soal inflasi di daerah, rakornas ini juga akan mengumumkan daerah terbaik penanganan Inflasi daerah yang bakal diberikan dalam acara TPID Award 2020. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya