Perda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten HSS Ditetapkan

Kandangan, KP – Rancangan peraturan daerah (Raperda) pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) disepakati untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah (Perda).

Ditetapkan dalam rapat paripurna, Rabu (25/11/2020) pagi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten HSS. Seluruh fraksi DPRD Kabupaten HSS, menerima dan menyetujui Raperda yang diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS itu.

“Kami menerima dan menyetujui Raperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk ditetapkan menjadi Perda,” ucap M Yurni, Juru Bicara Fraksi PKB.

Juru Bicara Fraksi Golkar Suniansyah mengatakan, pihaknya berharap dalam pengisian pejabat atau pimpinan SOPD nanti, adalah orang yang benar-benar profesaional.

Hal senada disampaikan Fraksi PKS, Mardiansyah mengharapkan, apabila menunjuk pejabat dengan struktur baru agar betul-betul dipilih yang berkompeten dan memiliki kemampuan manajerial yang baik.

“Serta, juga memiliki kejujuran yang memenuhi standar, berintegritas, fleksibel, pragmatis, dan realistis,” jelasnya.

Sedangkan Fraksi Gerindra-PAN, diwakili Surya Rizani berharap, perubahan susunan bisa meminimalisir tumpang tindih tugas dan fungsi perangkat daerah.

Berita Lainnya
1 dari 396

Fraksi Nasdem, melalui Husnan memberikan saran, Perda yang terbentuk itu harus dibarengi uraian tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) secara jelas dan detail.

“Sehingga masing-masing pejabat memiliki pedoman atau landasan arah yang terukur, dalam melaksanakan tugas,” terangnya.

Fraksi PDIP, melalui M Lutfiajadi berharap Perda perubahan struktur perangkat daerah itu dapat terlaksana dengan baik dan sesuai ketentuan, serta bermanfaat untuk masyarakat.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad mengaku bersyukur, setelah melalui pembahasan akhirnya Perda tentang pembentukan susunan perangkat daerah disepakati. Ia mengucapkan terimakasih atas kepedulian pihak DPRD, dalam prosesnya baik saat pengajuan hingga pembahasan.

“Atas nama jajaran Pemkab HSS, kami mengucapkan terimakasih atas segala masukan. Kami sangat mengapresiasi berbagai dinamika dalam proses penyusunannya,” ucap Syamsuri.

Dijelaskannya, Perda pembentukan susunan perangkat daerah itu penting dalam rangka melaksanakan tugas dalam proses pembangunan. “Diharapkan hal ini menjadi payung hukum, dalam melaksanakan pembangunan,” pungkasnya. 

Ditetapkannya Perda itu, sehingga akan ada perubahan dalam beberapa susunan perangkat daerah di Kabupaten HSS. Salah satunya Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol), dipisah menjadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan Badan Kesauan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Termasuk, adanya pengurangan beberapa sub bagian di beberapa perangkat daerah. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya