Perjuangan Mathilda Batlayeri
Kapolda Kalsel : Menginspirasi Insan Bhayangkara- Bhayangkari

Pelaihari, KP – Rombongan Polda Kalsel ziarah dan tabur bunga di momen Hari Pahlawan 10 November, ke Makam Bumi Tuntung Pandang, Kabupaten Tanah Laut, tempat Mathilda Batlayeri dimakamkan sebagai Pahlawan Bhayangkari Tahun 1953.

Bagi Kapolda Kalsel, Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK SH MH, gelora perjuangan Mathilda Batlayeri menginspirasi insan Bhayangkara- Bhayangkari. “Nilai-nilai kepahlawanannya harus terus digelorakan,” katanya didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel dr Yuliana TS. SP.OG, Rabu (11/11/2020).

Diharapkan, perjuangan Pahlawan Bhayangkari Mathilda Batlayeri dijadikan contoh untuk seluruh jajaran berbuat yang terbaik dalam tugas pengabdian sebagai anggota Polri.

Menurut kapolda, semangat mempertahankan asrama Polri di Kurau, Kabupaten Tanah Laut dari serangan pemberontak pada dulu oleh Mathilda Batlayeri hingga meninggal bersama tiga anaknya akan selalu diingat rakyat Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Berita Lainnya
1 dari 999

“Terbaik meneruskan perjuangan, maka anggota Polri khususnya jajaran Polda Kalsel melaksanakan tugas untuk memajukan Polri dan bangsa Indonesia secara lebih luas,” pesannya.

Diketahui sebelumnya pada 23 Desember 2016, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian bersama Ketua Umum Bhayangkari Pusat, Ny Tri Tito Karnavian meresmikan Monumen Pahlawan Bhayangkari Mathilda Batlayeri ini.

Pada saat ziarah Wakapolda, Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono dan Wakil Ketua Bhayangkari Hilda Agung Budijono serta pejabat utama lainnya ikut hadir. Dan semua tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain menabur bunga di makam Pahlawan Bhayangkari Mathilda Batlayeri, rombongan juga menuju ke areal belakang TMP dan menabur bunga di tiga makam anak dari Mathilda Batlayeri yang ikut gugur kena tembakan. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya