Profil Hari Jadi Kabupaten Tapin ke 55

KABUPATEN – Tapin adalah salah satu wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan Indonesia. Letak wilayahnya berbatasan antara Kabupaten Hulu Sungai Selatan di bagian utara, Kabupaten Banjar dibagian timur dan selatan, serta Kabupaten Barito Kuala di bagian barat. Luas wilayah Kabupaten Tapin +2.700,82 km², yang terbagi dalam 12 kecamatan, 126 desa dan 9 kelurahan. Sementara jumlah penduduknya sebanyak 193.635 jiwa.

Di bawah kepemimpinan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Kabupaten Tapin setiap tahun terus mengalami perkembangan di berbagai aspek pembangunan.

Ini Disampaikan HM Baseri, selaku Koresponden SKU Kalimantan Post, yang bertugas di Kabupaten Tapin, dalam bentuk tulisan sebagai berikut.

Dengan visinya mewujudkan Kabupaten Tapin yang lebih maju, sejahtera dan agamis, HM Arifin Arpan dan H.Syafrudin Noor terus berinovasi menciptakan berbagai terobosan baru untuk mewujudkan Kabupaten Tapin yang lebih unggul dan produktif, termasuk saat terjadinya pandemi covid 19 yang melumpuhkan berbagai aspek kehidupan.

HM Arifin Arpan dan H Syafrudinoor menyiapkan langkah antisipasi dengan memberikan porsi besar untuk anggaran penanggulangan covid 19 melalui dana APBDKabupaten Tapin sebesar 39,86 milyar, bahkan anggaran yang dipersiapkan pemda tapin dalam percepatan penanganan covid 19 itu menjadikan Kabupaten Tapin berada dalam urutan ke tiga di Provinsi Kalimantan Selatan sebagai penyedia dana terbesar penanggulangan covid 19.

Besaran anggaran yang dipersiapkan digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya pembelian APD, bantuan sembako dan bagi masyarakat yang terdampak covid 19.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan dan keseriusan dalam memerangi virus corona yang belum diketahui kapan ujungnya, H.M.Arifin Arpan dan H.Syafrudin Noor juga turun langsung untuk menyalurkan bantuan sosial dan pemberian masker kepada masyarakat.

Dalam rangka menjaga ketahanan pangan daerah, pemerintah daerah Kabupatenn Tapin juga memberikan bantuan beras sebanyak 100 ton untuk masyarakat terdampak ekonomi covid 19. Bantuan tersebut diantaranya diberikan kepada ustadz dan ustadzah, pondok pesantren,Madrasah Diniyah Takmiliyah, TPA/TKA, guru honor, dan panti asuhan.

Sebagai langkah pengendalian covid 19 di Kabupaten Tapin juga tersedia rumah isolasi berkelompok yang digunakan untuk tempat karantina pasien covid 19, dalam hal ini Tapin menjadi kabupaten pertama di Kalimantan Selatan yang mendirikan rumah isolasi berkelompok.

Tempat karantina khusus pasien covid ini juga pernah dikunjungi oleh plt Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan,Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta dan Danrem 101/Antasari Brigjen TNIFirmansyah, dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev) peninjauan secara langsung kegiatan karantina khusus yang ada di KabupatenTapin.

Berita Lainnya
1 dari 250

Meskipun ditengah pandemi covid 19, tidak menyurutkan langkah dan semangat H.M.Arifin Arpan dan H.Syafrudin Noor untuk terus mewujudkan Kabupaten Tapin yang unggul dan produktif.

Itu terbukti dengan terus berkembangnya berbagai bidang pembangunan di Kabupaten Tapin, terutama pembangunan di bidang pertanian,diantaranya perkembangan komoditas tanaman cabai rawit hiyung, melalui produk unggulannya yakni abon cabai berhasil meraih juara dua se indonesia versi inovasi bisnis sederhana dari astra tahun 2020 .Dengan diraihnya juara tersebut cabai rawit hiyung mendapat bantuan fasilitas untuk melakukan pemasaran keluar negeri.

Selain itu komoditas cabai rawit yang terkenal kepedasannya 17 kali lipat dibanding cabai rawit biasa itu juga berhasil meraih penghargaan top 45 Kompetesi Sistem Inovasi Pelayanan Publik atau Sinovik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tahun 2020.

Di komoditas lainnya,Kabupaten Tapin juga berhasil mengembangkan tanaman jagung hibrida seluas 756 hektar yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Tapin, tanaman jagung hibrida tidak hanya berpotensi untuk menyejahterakan petani akan tetapi lahan jagung hibrida juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata karena dinilai memiliki nilai estetika dan cocok dijadikan sebagai tempat berfoto yang unik.

Tidak kalah dari komoditas lainnya, jahe merah saat ini juga tengah dikembangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tapin, uniknya tanaman jahe merah dikembangkan di atas lahan tambang seluas 60 hektar.

Perkembangan tanaman kaya manfaat itu juga berpotensi meningkatkan pendapatan petani bahkan dimasa pandemi covid 19 penjualan jahe merah cukup tinggi dan mampu memberikan keuntungan 4 kali lipat bagi petani.

Selain itu guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat, maka pemerintah Kabupaten Tapin, saat ini tengah membangun rumah sakit datu sanggul baru dengan lebih representatif dan mampu menampung lebih banyak pasien. RSUD Datu Sanggul yang memiliki luas sekitar 20 hektar ini di harapkan dapat menjadi pilihan alternatif bagi warga banua lima di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sementara itu dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang maksimal, Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin juga membangun gedung sekretariat daerah Kabupaten Tapin yang baru dan gedung Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil yang akan diresmikan pada tanggal 30 nopember tepatnya Hari Jadi Kabupaten Tapin ke 55.

Dalam rangka menyambut pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin siap mendukung dan mensukseskan pemilu yang akan dilaksanakan pada 9 desember 2020. Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin juga menekankan Aparatur Sipil Negara tetap menjaga netralitas selama penyelenggaraan Pilkada, selain itu juga dihimbau kepada seluruh masyarakat yang akan memberikan hak suaranya agar senantiasa mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan covid 19.

Dengan semangat mewujudkan Kabupaten Tapin yang unggul dan produktif maka Kabupaten Tapin di harapkan dapat selalu mampu bersaing di berbagai aspek pembangunan.

Selamat Hari Jadi Kabupaten Tapin yang ke 55 semoga kejayaan dan kesuksesan dapat terus di raih sehingga Kabupaten Tapin dapat terus maju dan mensejahterakan masyarakat. (**)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya