Satgas Kalsel Nilai Sinergitas Penanganan Covid di Balangan Berjalan Baik

Paringin, KP – Satgas Penanganan Covid 19 Kalsel yang dipimpin Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, melakukan monev di Paringin Kabupaten Balangan, Rabu (4/11). Rudy didampingi Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta, dan Danrem 101Antasari, Brigjen Firmansyah, menggelar dialog dengan Plt Bupati Balangan, H Syaifullah di Aula Pemkab Balangan.

Rudy mengatakan tingkat kesembuhan Covid di Balangan cukup tinggi. “Perlu diwaspadai adanya orang tanpa gejala yang masih belum terdeteksi di lapangan,” pesan Rudy.

Keberhasilan Balangan menekan angka positif tak lepas dari peran semua pihak baik Pemkab, DPRD, dan Forkopimda serta dukungan masyarakat. “Tetap waspada dan selalu lakukan langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk memutus mata rantai penularan, tugas pemerintah untuk menjaga keselamatan warganya,” kata Rudy.

Plt Bupati Balangan H Syaifullah melaporkan anggaran Covid yang tersedia di APBD Balangan senilai Rp 65 M dan yang telah terealisasikan sebesar Rp 29 M. Sisanya sebesar Rp 35 M

Di Kabupaten Balangan hingga 3 November 2020, tersisa 2 pasien terkonfirmasi positif yang masih dirawat di RSUD Balangan. “Untuk tingkat kesembuhan sampai saat ini mencapai 98 persen di atas rata-rata provinsi Kalsel dan nasional,” kata Syaifullah.

Berita Lainnya

PENGURUS PUSAT JMSI DIKUKUHKAN HARI INI

1 dari 1.143

Satgas Covid Balangan juga tak kendor selalu ingatkan masyarakat akan disiplin mematuhi protokol kesehatan di berbagai kesempatan baik di pedesaan maupun perkotaan.

“Tracing dilakukan secara masif kemudian hasilnya dipantau dan dilakukan treatment agar dapat segera disembuhkan,” katanya.

Untuk OTG, Pemkab Balangan menyediakan dua tempat karantina khusus yaitu di BLK Balangan dengan kapasitas 80 tempat tidur dan Gedung SKB 50 tempat tidur. “Kita juga telah menerbitkan Perbup dan dilakukan penegakkan disiplin Protokol kesehatan secara masif sekaligus sosialisasi melibatkan unsur tokoh agama dan masyarakat,” terang Syaifullah.

Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta mengapresiasi kinerja Pemkab Balangan dalam mengendalikan wabah covid. “Kita angkat topi terhadap Balangan karena telah terjalin kerjasama yang baik antar Forkopimda,” kata Nico.

Sementara Brigjen TNI Firmansyah mengingatkan Satgas Balangan agar tetap waspada akan terjadinya wabah Covid gelombang kedua. “Pertahankan apa yang sudah dicapai dan kuncinya adalah perilaku masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan,” kata Firmansyah.

Usai pertemuan, Rudy menyerahkan bantuan 1.500 buah masker kepada Plt Bupati Balangan H Syaifullah. Kemudian rombongan meninjau lokasi karantina khusus di Gedung SKB Paringin. (adpim/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya