Siaga Counter Hoaks yang Bertebaran di Situasi Pilkada

Banjarmasin, KP – Humas Polri ke depan diharapkan semakin profesional dengan tugas-tugasnya.

“Bahkan harus bisa sejajarkan antara perkembangan teknologi,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono.
Itu, pada HUT Humas Polri ke 69, dilaksanakan sederhana dan berlangsung virtual, diikuti seluruh Polda dan Polres jajaran, Senin (2/11).

Kabid bersama jajaran juga mengikuti kegiatan dari Ruang Press Conference Polda Kalsel.

“Saya berharap Humas Polda Kalsel semakin baik dan maju dalam memberikan informasi kepada media,” kata Kapolda Kasel, Irjen Pol Dr Nico Afinta SIK SH MH.

Sisi lain seiring perkembangan zaman diharapkan Humas Polri dapat memenuhi kebutuhan informasi dan data yang diperlukan termasuk file foto dan video.

Ini baik secara langsung maupun lewat media sosial,” kata kapolda melalui Kabid Humas, Kombes M Rifa’i.
Ia mengatakan, pihaknya mengundang perwakilan dari masing-masing media, pensiunan Bid Humas Polda Kalsel.

Turut hadir, Kasubbag Renmin, anggota Polri, ASN dan PHL Bid Humas Polda Kalsel Saat itu, pemotongan nasi tumpeng oleh Kabid Humas Polda Kalsel yang diserahkan kepada perwakilan media dan purnawirawan Polri Bid Humas Polda Kalsel.

“Polda Kalsel terus siaga meng-counter setiap hoaks yang bertebaran di dunia maya.

Secara khusus ini tugas Subdit Multimedia yang memantau perkembangan dunia maya termasuk di dalamnya media sosial yang kerap banyak informasi tidak benar dan menyesatkan,” beber M Rifa’i.

Berita Lainnya
1 dari 1.103

Seperti momen pemilihan kepala daerah (pilkada), menurutnya, hoaks rawan dijadikan senjata untuk menarik simpati sekaligus menjatuhkan kubu lawan.

Untuk itulah, pihaknya menekan adanya kampanye hitam melalui serangan hoaks agar tahapan pilkada dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Polda Kalsel turut mengundang para Purnawirawan Polri yang bertugas Bid Humas Polda Kalsel, seperti AKBP Parwita, AKBP Yudi Ridarto dan Aiptu Suherman serta perwakilan wartawan mitra Polri di Polda Kalsel.
[]Sejarah
Kalau menlihat sejarah lahirnya Humas Polri berdasarkan Surat Keputusan (Skep) berdirinya Dispenpol (Dinas Penerangan Polisi) pada 30 Oktober 1951.

Saat itu Skep Dispenpol ditandatangani oleh Kapolri pertama Jenderal (Purn) Raden Soekanto Tjokrodoatmojo.

Mulai tahun ini pula, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menetapkan setiap tanggal 30 Oktober ditetapkan sebagai Hari Humas Polri yang sekarang dipimpin Irjen Pol Argo Yuwono.

Meski harusnya pada tanggal 30 Okrober, namun karena situasi libur bersama, maka kegiatan diundur, kemarin.

Kali ini mengangkat Tema HUT “Dengan Semangat Profesionalisme, Humas Polri Siap Mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif dan Masyarakat Semakin Produktif”.

Tugas humas Polri semakin berat, dan harus sejajarkan antara perkembangan teknologi serta kecepatan informasi, ni harus dengan Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana dan kegiatan dilakukan.

Kapolri Jenderal Idham Azis dengan program nomor 4-nya yakni pemantapan manajemen media dan itu tantangan dan tanggungjawab yang kita pikul dan merupakan tantangan ke depan dikelola dengan baik. (K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya