TP PKK Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja

Banjarbaru, KP – Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru melakukan sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dengan cinta kasih sayang se Kota Banjarbaru, Kamis (26/11/2020).

Kegiatan ini dibuka Ketua TP PKK Banjarbaru, Vonny Rompas Bernhard E Rondonuwu mengangkat tema ‘Pola Asuh Positif dalam Pendidikan Keluarga’.

Vonny Rompas mengatakan, yang harus dipahami adalah pendidikan yang utama dari anak-anak dimulai dari keluarga. Namun sayangnya, sebagai pendidik terpenting dalam menentukan bagaimana anak-anak tumbuh berkembang, kebanyakan orang tua merupakan pendidik yang paling tak tersiapkan.

“Sangat penting bagi kita sebagai orang tua agar dapat terus mengasah ilmu untuk dapat memberikan pola asuh yang benar dan positif agar dapat membentuk karakter anak dengan baik,” kata Vonny Rompas.

Ditambahkan, orang tua sangat berperan aktif dalam perkembangan anak dan pola pengasuhan tentu berpengaruh kepada anak, sebab akan menjadi patokan anak dalam bertindak dan bersikap di masa mendatang.

Selain itu, orangtua harus tulus memberikan perhatian kepada anak, dengan jalan memberikan cinta kasih, penghargaan, kepekaan hati dan tutur kata yang lembut, serta kejernihan akhlak. “Ini tidak lain adalah agar mereka dapat tumbuh lebih baik dan berbahagia, karena cinta dan kasih sayang yang diberikan kepada mereka,” ujar Vonny.

Berita Lainnya
1 dari 461

Untuk dapat mendidik dengan cinta dan kasih sayang, tentunya pendidik harus memiliki perilaku dan pribadi yang penuh cinta terhadap anak-anak. Hindarilah bentuk kekerasan dalam mendidik, karena dengan kekerasan tentunya akan berakibat fatal dalam perkembangannya kedepan, pendidik diharuskan sabar dalam menghadapi tingkah polah yang ditunjukan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhanya. Oleh karena itu, dalam membentuk watak dan keperibadian siswa didik, maka yang harus diperhatikan adalah, keseimbangan memberikan kebutuhan jasmani, dan kebutuhan rohani, yaitu mental spiritual atau pendidikan agama sejak dini.

Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan pendidikan karakter keluarga melalui upaya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan keluarga yang penuh cinta dan kasih sayang. Dimana sebagai orang tua tentunya dapat memberikan pelajaran dan pengajaran yang terbaik kepada anak, dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya dan ikut pelatihan parenting ataupun melakukan konsultasi dengan pengajar di sekolah anak, sehingga apa yang dipelajari di sekolah dapat di-implementasikan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga.

Inilah tugas kita sebagai orang tua, yang sangat menantang dan tanpa pamrih, tidak hanya mengandalkan naluri alami, karena kita harus kembali merujuk kepada pedoman hidup yakni kitab suci agama, yang disana akan ditemukan banyak pedoman dalam mengasuh anak dan pembinaan keluarga yang mumpuni, dunia dan akhirat. “Jadi hanya dengan terus belajar dan konsisten dalam mempelajari ilmu pengasuhan anak, orang tua dapat membesarkan anaknya penuh dengan nilai kebaikan,” ujarnya.

Panitia pelaksana kegiatan sosialisasi, Gusti Nirma mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membina keluarga yang baik dan mendidik anak dengan penuh cinta kasih dan sayang.

“Agar keharmonisan dalam keluarga selalu terjalin serta membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah (samawa),” kata Gusti Nirma.

Ditambahkan, sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk memberikan pemahaman pada orang tua, khususnya TP PKK dalam berkeluarga sekaligus memberikan masukan untuk membimbing anak-anak remaja mereka dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarganya masing-masing

Sosialisasi menghadirkan narasumber, yakni Kartinah dari Pokja I TP PKK Prov Kalsel dan Sri Wahyuni dari IGTKI Kota Banjarbaru, dengan peserta Ketua Pokja I TP PKK kecamatan dan kelurahan. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya