Bantu PPKBD Laporkan Data
Pemkab HSS Launching Aplikasi RISSA

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan launching aplikasi RISSA, untuk membantu Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dalam melaporkan data dari desa dan kelurahan.

Launching RISSA dilaksanakan Senin (28/12/2020) pagi, di halaman Kantor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA).

Ditandai penandatanganan berita acara serah terima, antara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rahmawaty dan Kepala Dinas PPKBPPPA Is Susilastuti.

Dilanjutkan penerbangan balon ke udara oleh Bupati HSS dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, sebagai tanda bahwa aplikasi yang merupakan akronim dari “Reporting institusi masyarakat pedesaan” itu secara resmi dapat digunakan.

Kepala Dinas PPKBPPPA Is Susilastuti menjelaskan, aplikasi RISSA akan digunakan oleh PPKBD di masing-masing desa untuk melaporkan data-data yang terkait program pembangunan keluarga, dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

“Program-program yang akan dilaporkan oleh PPKBD yang ada di semua desa dan kelurahan, di antaranya data tentang TFR, ASFR, CFR, dan data Unmet Need dan juga tidak ketinggalan data tentang usia perkawinan,” paparnya.

Berita Lainnya
1 dari 397

Is Susilastuti mengungkapkan, Dinas PPKBPPPA dalam RPJMD menargetkan akan menurunkan usia perkawinan di bawah 20 tahun. Adanya aplikasi itu ujarnya, bisa cepat mengetahui data tersebut dan akan segera dapat melakukan intervensi.

Kepala Dinas Kominfo Kabuppaten HSS Rahmawaty mengatakan, kerjasama antara Dinas PPKBPPA dengan programmer di Dinas Kominfo cukup intens dalam pengembangan aplikasi tersebut.

Rahmawaty mengungkapkan, penyelesaiannya memerlukan waktu yang lumayan lama karena para programmer juga memiliki kegiatan lain.

“Permohonan aplikasi dari para SOPD ada antrian, untuk RISSA ini kami memprioritaskan karena memang dari awal mereka sudah memohon kepada kami secara resmi. Alhamdulillah untuk penyelesaiannya berjalan lancar dari pihak kawan-kawan programmer dikoordinir bidang TIK, sehingga dapat diselesaikan aplikasi RISSA ini,” terangnya.

Rahmawaty berharap, aplikasi RISSA bisa dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat Kabupaten HSS.

Kegiatan launching RISSA itu turut dihadiri Kepala Bappelitbangda HSS M Arlian Syahrial, Kepala Dinas Dukcapil HSS Bardamaini, dan Kepala Dinas Kesehatan HSS Siti Zainab. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya