Festival HAM Hasilkan Deklarasi Banjarmasin

BANJARMASIN, KP – Festival Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2020 di Kota Banjarmasin berakhir sukses.

Sebuah kesepakatan yang diberi nama Deklarasi Banjarmasin pun ditelurkan dalam kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 17 hingga 19 Desember 2020.

Ada enam point tuntutan terhadap HAM yang tercantum dalam deklarasi tersebut (selengkapnya ada di bawah tulisan ini)

Penutupan festival tahunan itu, dilakukan langsung oleh Ketua Komnas HAM RI, Ahmad Taufan Damanik bersama Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. “Tadi sudah kita dengarkan Deklarasi Banjarmasin yang menghasilkan enam point yang mudah-mudahan menjadi rujukan bersama dalam pemenuhan HAM, terutama di era pandemi Covid-19 : Tantangan dan Solusinya, serta menjadi referensi bagi kita semua.” ujar H Ibnu Sina saat menyampaikan sambutannya, Jumat (18/12)

Berita Lainnya
1 dari 2.982

Dalam kegiatan Festival HAM 2020 ini, lanjutnya, banyak praktek baik dan juga paparan yang sangat bagus dari seluruh narasumber terkait dengan Human Right City. Untuk itu orang nomor satu dikota berjuluk seribu sungai ini berharap, nantinya semua paparan yang telah di rangkum dalam Deklarasi Banjarmasin bisa menjadi tolak ukur pelaksanaan Festival HAM tahun mendatang.

Ahmad Taufan Damanik berharap, kegiatan Festival HAM tidak saja melahirkan berbagai deklarasi, tapi juga melahirkan sikap saling bahu membahu menyelesaikan berbagai masalah, dan dampak-dampak yang ditimbulkan oleh masalah tersebut. “Hanya dengan kerjasama itu, hanya dengan sikap gotong royong itu, hanya dengan rasa solidaritas yang kuat lah bangsa ini bisa diselamatkan oleh tuhan yang maha kuasa,” ucapnya, saat menyampaikan sambutan.

Festival HAM kali ini unik sekali, katanya lagi, karena pesertanya tidak semua hadir secara fisik. Namun begitu, hasil yang dikeluarkan dari kegiatan ini sangat luar biasa dan berarti bagi kemajuan HAM di Indonesia. “Mudah-mudahan dari Festival HAM yang unik ini bisa menjadikan bangsa kita semakin kuat, semakin berjaya dari suatu peradaban yang juga kuat berdasarkan prinsip-prinsip keadilan dan kemanusiaan,” pungkasnya.

Dari informasi terhimpun, untuk tahun 2021 nanti, kandidat kota yang bakal jadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Festival HAM ada dua yakni Kota Bogor dan Kota Semarang. (ADV/K-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya