Hibah BNPB
Jembatan Danau Kasai di Batulaki HSS Lebih Tahan Bencana

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meresmikan Jembatan Danau Kasai di Desa Batu Laki, Kecamatan Padang Batung, Selasa (29/12/2020) pagi. Ditandai dengan suara sirine yang tombolnya dipencet Bupati.

Jembatan Danau Kasai menghubungkan jalan di Desa Batu Laki untuk menuju Kampung Muara Pipii. Dibangun melalui dana hibah rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia (RI) tahun 2019. Pembangunannya menghabiskan anggaran sebesar Rp 6,6 miliar.

Kepala Badan Penganggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol) Kabupaten HSS Roni Rusnadi menjelaskan, Jembatan Danau Kasai sebelumnya merupakan salah satu jembatan yang tergerus air akibat banjir bila intensitas hujan tinggi. Sehingga, dibangunkan jembatan yang berdasarkan hasil verifikasi BNPB.

Jembatan DanauKasai sudah hampir mencapai 100 persen selesai, baik dari segi fisik maupun keuangan sejalan dengan expose yang disampaikan di BNPB Pusat beberapa waktu lalu. Roni mengungkapkan, Kabupaten HSS menjadi salah satu daerah se-Indonesia, yang tercepat dalam melaksanakan realisasi fisik dan keuangan di tingkat BNPB Pusat.

Roni mengucapkan terima kasih kepada Bupati, atas dukungan saat pengusulan proposal, hingga turut hadir ke jajaran BNPB langsung untuk berkordinasi langsung.

Berita Lainnya
1 dari 573

Jembatan baru itu dibangun lebih tinggi 4-5 meter, hal itu merupakan antisipasi agar lebih tahan terhadap bencana. Apabila terjadi banjir lagi nanti, air tidak sampai ke atas jembatan.

“Kalau kita bangun seperti biasa, mungkin akan hanyut lagi terus berulang. Ini yang akan kita pertimbangkan apabila jembatan atau fasilitas umum terkena bencana, memperbaikinya harus di atas dari yang terjadi sebelumnya,” ucap Bupati HSS Achmad Fikry, dalam sambutannya.

Achmad Fikry berujar, bencana tidak dapat diduga dan bisa terjadi kapan dan dimanapun. Sehingga ujarnya, kita dituntut untuk bisa mengantisipasinya.

Achmad Fikry bersyukur, jembatan bisa dibangun dengan dana hibah BNPB yang cukup membantu pemerintah daerah di tengah keterbatasan anggaran yang dimiliki.

Seorang tokoh masyarakat Desa Batulaki Busri mengatakan, jembatan Danau Kasai merupakan akses vital bagi masyarakat. Sebab, jadi akses utama dalam mengangkut hasil-hasil pertanian.

“Kami bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah yang memberikan jembatan Danau Kasai, bermanfaat bagi masyarakat dan mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar segala usaha kami,” pungkasnya. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya