KPU Tanbu Gelar Rapat Pleno
Rekapitulasi Hasil Pilkada Serentak 2020

Batulicin, KP – Kominsi Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat pleno rekapitulasi hasil Pilkada serentak 2020, Senin 14/12/2020 sore di Batulicin. 

Rapat ini digelar untuk menunjukkan perolehan suara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 3. dr H.M. Zairullah Azhar – M. Rusli, S.Sos dengan perolehan suara  104.234.

Selanjutnya disusul pasangan nomor urut 1. Syafruddin H Maming – M. Alpiya Rakhman dengan meraih 72.710 suara. Selanjutnyan pasangan nomor urut 2. Mila Karmila, S.E, M.H. – Zainal Arifin meraih 4.205 suara. Paraktis melihat perolehan suara didapat dari tiga pasangan Pilkada 2020 di Kabupaten Tanah Bumbu ini pasangan ZR dipastikan menjadi pemenang Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu 2020. Adapun total suara sah berjumlah 181.149 suara yang tersebar di 651 TPS se-kabupaten Tanah Bumbu.

Suara sah masuk berjumlah 181.149 suara, dan suara tidak sah sebanyak 4.964 dengan total keseluruhan suara sah dan tidak sah sebanyak 186.113.

Pasangan ZR unggul di 9 kecamatan yakni, Simpang Empat, Kusan Hilir, Angsana, Sungai Loban, Satui, Karang Bintang, Mantewe, Kuranji.

Sementara pesaingya SHM-MAR unggul di 1 kecamatan yaitu Kecamatan Batulicin.

Berita Lainnya
1 dari 548

Ketua KPU Kabupaten Tanah Bumbu Makhruri mengatakan, proses pelaksanaan pleno rekapitulasi berlangsung lancar.

Keputusan hasil pleno ini tertuang dalam surat keputusan KPU Nomor 157/PL.02.6-BA/6310/KPU-KAB/XII/2020 tentang Berita Acara dan Sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dari Setiap Kecamatan di Tingkat Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 yang dibacakan Makhruri dalam rapat pleno terbuka ini.

“Alhamdulillah pelaksanaan pleno berlangsung lancar,” katanya.

Makhruri juga menyampaikan tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu di Pilkada 2020 ini yakni sebesar 84 persen.

“Berarti sisanya yakni 16% masyarakat yang tidak hadir ke TPS dan tidak menggunakan hak suaranya atau Golput,” ujarnya. Menurut dia, tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu tergolong tinggi dibandingkan Kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Karenyan Mahruri menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak dan stakeholder terkait yang telah bekerjasama dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Apresiasi dan terima kasih kepada rekan media di Kabupaten Tanah Bumbu yang telah menjadi penyambung komunikasi kepada masyarakat. Dengan peran dari rekan-rekan kegiatan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahpahaman,” tandas Makruri. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya