Orari Lokal Tapin Gelar Ujian Nasional Amatir Radio

Rantau, KP – Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Banjarmasin Mujiono didampingi Ketua Orda Kalsel, Ahmad Yani dan Ketua Orari Lokal Tapin H Yustan Azidin belum lama ini membuka secara resmi ujian nasional amatir radio (UNAR), bertempat di SMKN 1 Tapin Selatan.

Dari pantauan awak media, tingginya antusias peserta terlihat sejak jam 07.30 pagi para peserta sudah berkumpul di SMKN 1 Tapin Selatan dan bersiap untuk mengukuti ujian nasional amatir radio yang digelar orari lokal Tapin.

Dengan protokol kesehatan, satu persatu peserta yang datang diwajibkan mencuci tangan dan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki ruang ujian.

Kepala Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Banjarmasin Mujiono mengatakan, banyaknya keinginan masyarakat yang ingin menjadi anggota Orari, karenanya  Unar CAT non reguler ini dilaksanakan untuk mengakomodir banyaknya minat calon amatir ataupun amatir radio yang mau naik peringkat.

“Karena animo masyarakat cukup tinggi, Unar kali ini kita laksanakan di Kabupaten Tapin sebagai tuan rumah,” ujarnya kepada awak media.

Dikatakan Mujiono, sebenarnya ada ratusan peserta yang ingin menjadi anggota baru Orari, karena situasi pandemi, Unar CAT kita batasi hanya 160 peserta se Kalsel, hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Dari 160 peserta yang Ikut Unar non reguler, tingkatan siaga berjumlah 156, penggalang 2 orang dan penegak 2 orang,” Paparnya.

Ditambahkannya, selain melaksanakan Unar non regular dilaksanakan bergilir dimasing – masing lokal, Orari daerah Kalimantan Selatan juga melaksanakan Unar reguler yang rutin laksanakan setiap bulan di kantor Orari Banjarmasin.

Ia berharap, setelah menjadi anggota Orari, terpenting yang harus diperhatikan ialah tidak mengganggu frekuensi lain dalam berkomunikasi, karena stasiun radio amatir mempunyai beberapa ketentuan tehnis penggunaan frekuensi atau kode komunikasi.

Berita Lainnya

Pemkab Tapin Mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya

Gerakan Minum Susu, Peringati Hari Anak Nasional

1 dari 287

Untuk itu lebih terus dalami dan pelajari aturan – aturan dan ketentuan tehnis yang mengatur kegiatan amatir radio dan kedepan kegiatan Unar ini akan terus kita evaluasi agar pelaksanaanya bisa lebih baik lagi.

Untuk total anggota orari saat ini sudah berjumlah 6.000 orang dan keanggotaan peserta terus meningkat,” pungkasnya.

Adapun materi uji yang diujikan yaitu Pancasila, tehnik radio, peraturan radio dan bahasa inggris dan ujian ini untuk mengetes tehnik dan kemampuan para peserta dan diharapkan peserta seleksi yang lolos kiranya terus mengasah kemampuan dan pengalaman  untuk bisa mengiluti ujian naik tingkat ketahap selanjutnya.

Sementara itu Ketua Orda Kalsel menyampaikan ucapan terima kasih kepada orari lokal Tapin sebagai ruan rumah pelaksanaan Unar.  Selaku ketua Orda kita menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan ini masih terdapat kekurangan.

“Selalu utamakan 3M yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19,” Tandasnya.

Acara pembekalan sendiri dibuka secara resmi oleh Ketua Orari Lokal Tapin H Yustan Azidin ST MT dengan narasumber AKP Erliyanto Purnama Jaya Kasat Binmas Polres Tapin serta Abdul Latif dari Yenki Delta Seven November Riski Bravo.

Seperti yang diungkapkan H Yustan Azidin Ketua Orari Lokal Tapin kepada awak media, pembekalan  agar peserta dapat mudah mengikuti ujian, terutama pengetahuan penggunaan komputer yang harus dikuasai dan tatacara pelaksanaan protokol kesehatan.

Dalam paparannya AKP Erlianto menjelaskan tentang pentingnya melaksanakan protokol kesehatan bagi para peserta selama  mengikuti ujian. Sedang Sumantri wakil ketua Orari loka Tapin  menjelaskan tentang teknis ujian yang akan dilaksanakan dan harus ditaati oleh peserta, sedang narasumber ketiga Abdul Latif menjelaskan bagaimana cara menggunakan komputer dalam ujian sistem CAT online.

Untuk diketahui, sebelum ujian nasional amatir radio, Orari lokal Tapin telah melaksanakan pembekalan kepada calon anggota baru, bertempat di Balai Teknologi Pertanian jalan By Pass Rantau. (ari/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya