Pemko Banjarmasin ‘Rayu’ Kemendagri Pelantikan Pemenang Lelang Jabatan

Banjarmasin, KP – Sejak ditetapkan sebagai pemenang lelang jabatan untuk mengisi kekosongan lima posisi petinggi Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin, lima pejabat tersebut sampai saat ini belum juga dilantik oleh kepala daerah setempat.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, alasan belum adanya pelantikan tersebut dikarenakan rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian yang belum keluar.

“Karena saat ini sedang fokus pada penyelenggaraan Pilkada serentak 2020,” ucapnya pada awak media, Jumat (11/12) siang.

Kendati, proses pemilihan telah selesai, namun tetap saja kepastian kapan mereka bisa dilantik dan bekerja sebagai pucuk pimpinan di SKPD belum ada.

Oleh karena itu, pria dengan sapaan Ibnu itu akan kembali merayu atau meminta rekomendasi dari Mendagri, untuk melantik lima pejabat pemenang lelang jabatan di lingkungan Pemerintahannya.

“Pemilu kan sudah selesai. Jdi kita akan coba lagi minta rekomendasi untuk melantik,” ungkapnya.

Menurut Ibnu, proses pelantikan lima pejabat kepala SKPD ini sudah cukup lama tertunda, karena menunggu pelaksanaan Pilkada selesai.

Berita Lainnya
1 dari 2.966

Menurutnya, kondisi itu tidak hanya dialami Pemko Banjarmasin, namun juga di daerah-daerah lain. Termasuk pelantikan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, yang tertunda pelantikannya.

“Yang pasti kita akan ajukan lagi. Kalau keluar rekomendasi, besoknya langsung kita lantik,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini berharap, rekomendasi dapat keluar secepatnya, bahkan kalau bisa proses pelantikan dilaksanakan sebelum kepala daerah terpilih nantinya dilantik.

Pasalnya, sekarang kekosongan pucuk pimpinan di lima SKPD tersebut sekarang hanya diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt), yang artinya memiliki keterbatasan dalam mengambil keputusan atau tidak memiliki kewenangan sepenuhnya.

Untuk diketahui, pimpinan SKPD yang telah menjad pemenang itu seperti Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) akan diisi oleh Ichrom Muftezar, yang merupakan pejabat termuda di antara lainnya.

Kemudin, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar akan diisi oleh Ahmad Muzaiyyin, lalu Windiasti Kartika yang bakal menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik).

Lalu Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja diisi diisi Isa Anshari dan terakhir Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan diisi Muhammad Makhmud. (zak/K-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya