Tak Pandang Bulu, Pokja Tertibkan Seluruh APK di Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Memasuki masa tenang dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), tepat pukul 00.00 WITA, ratusan petugas yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) di Kota Banjarmasin terjun ke lapangan, Minggu (6/12) dini hari.

Dari pantauan di lapangan, petugas secara merata membersihkan APK yang masih bertebaran di penjuru Kota Banjarmasin tanpa pandang bulu.

Baik APK milik pasangan calon (paslon) kandidat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) maupun Pemilihan Walikota (Pilwali) Banjarmasin. Semuanya dibersihkan secara merata.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Banjarmasin, Hermansyah mengatakan, bahwa ratusan petugas gabungan tersebut telah memiliki rutenya masing-masing.

“Mereka ditugaskan untuk membersihkan APK yang masih terpampang yang ada di seluruh kecamatan, baik itu Yang ada di jalan protokol, maupun di dalam komplek-komplek,” ucapnya pada awakedia usai menjalani apel pelepasan petugas penertiban APK di halaman Balai Kota Banjarmasin.

Ia menegaskan, bahwa selain dilakukan oleh aparat Satpol PP, Dishub, DLH, TNI, Polri, Bawaslu dan KPU Kota Banjarmasin, penertiban tersebut juga diikuti oleh perwakilan tim penangan dari masing-masing pasangan calon.

“Ini kita lakukan berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) yang sudah ditetapkan. Bahwa ketika memasuki masa tenang (6 Desember 2020) seluruh wilayah harus bersih dari APK,” ungkapnya.

Sehingga, pria dengan sapaan Herman itu meminta kepada seluruh tim pemenangan agar bisa memakluminya. “Ikhlaskan saja,” ujarnya singkat.

Pasalnya, ia yakin bahwa masing-masing pasangan calon pasti sudah memahami tentang apa saja yang boleh dan tidaknya dalam setiap tahapan Pemilu.

Berita Lainnya
1 dari 3.546

“Pokja melalui Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Banjarmasin sebelumnya juga telah menyurati tim paslon untuk melepas sendiri APK miliknya. Jadi yang kita tertibkan ini adalah APK yang belum dibongkar atau diturunkan,” jelasnya.

Disamping itu, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan menambahkan, proses penertiban ini akan berlanjut besok hari.

“Tadi disepakati penertiban kali ini sampai pukul 02.00 WITA saja,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di wilayah hukum Kota Banjarmasin ini, hal tersebut diputuskan karena menghindari kondisi kelelahan yang dialami petugas.

“Kita jangan memaksakan diri, jaga kondisi tubuh. Kalau kelelahan, resiko tertular Covid-19 jadi semakin meningkat,” imbuhnya.

Untuk diketahui, penertiban APK kali ini leading sectornya dipegang oleh KPU Kota Banjarmasin. Berbeda dengan penertiban pertama yang dipimpin oleh Bawaslu Kota Banjarmasin.

Oleh karena itu, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiati Wahdah menjelaskan, tiga hari menjelang pencoblosan, seluruh alat sosialisasi paslon berupa APK memang harus sudah dibersihkan.

“Kita juga berharap kerjasama masyarakat agar bisa menurunkan APK yang dipasangnya. Karena kita tidak mengetahui titik mana saja yang sudah dipasangi APK yang berjumlah 200 persen dari jumlah yang yang sudah difasilitasi KPU,” paparnya.

Kalaupun besok masih ada APK yang belum sempat dibersihkan pada malam ini, wanita yang akrab disapa Rahmi itu mengaku bahwa pihaknya melalui petugas yang berada di bawah pimpinannya untuk kembali membersihkannya.

“Tidak hanya hari ini, masih ada sweeping lanjutan,” tandasnya. (ZAK/K-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya