PLBK ULM Bantu Atasi Permasalahan Mahasiswa

Banjarmasin, KP – Guna membantu sejumlah permasalahan yang dialami sejumlah mahasiswa baik itu permasalahan yang timbul dari lingkungan maupun di keluarga. Terlebih disituasi pandemi sekarang .

Pusat layanan Bimbingan Konseling (PLBK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar ‘Webinar Pelatihan Konseling Teman Sebaya’.

Dimana konseling tersebut nantinnya diharapkan menjadi penyampai bahkan pendengar sejumlah permasalahan yang dialami para mahasiswa serta mencari jalan solusi permasalahan.

ketua Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling ULM Dr Nina Permata Sari S Psi M Pd, mengatakan, PLBK tersebut merupakan pelaksanaan Tri-Dharma Perguruan Tinggi yang lebih mengarah kepada upaya pemberian pelayanan bantuan psiko-pedagogis bagi mahasiswa, dan civitas akademik ULM serta masyarakat tua.

“Ini merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada individu untuk mengenal dan memahami diri, dan juga untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan secara wajar hingga dapat memecahkan masalah individu,” katannya Sabtu (5/12/2020).

Dikatakannya pula banyak permasalahan yang dialami mahasiswa, misal dari lingkungan maupun keluarga. Terkadang harus dirasakan mahasiswa sendiri, sebab tidak tau bagaimana cara penyelesainnya maupun sikap seperti apa yang dilakukan. Dimana hal tersebut sangat merugikan bagi mahasiswanya sendiri.

Berita Lainnya
1 dari 2.126

“Kita siap saja membatu baik sebagai seorang teman, sahabat dan juga pendengar yang nantinnya dapat berinteraksi dengan baik kepada para mahasiswa yang mengalami hal terebut,” katannnya.

Dr Ali Rachman M.Pd mengatakan, Siswa SMP, SMA serta mahasiswa sesuai dengan usia perkembangannya berada pada masa remaja awal dan memasuki remaja akhir, pada masa ini, ketertarikan dan komitmen serta ikatan terhadap teman sebaya menjadi sangat kuat.

“Mereka merasa bahwa orang dewasa tidak dapat memahami mereka, ini sering menjadikan mereka sebagai suatu kelompok yang eksklusif karena hanya sesama merekalah dapat saling memahami,” kata Ali.

Adanya konseling teman sebaya guna mengimplementasikan pengalaman kemandirian dan kemampuan mengontrol diri yang sangat bermakna bagi mereka

“Untuk itu kita melatih untuk menjadi konselor sebaya dengan harapan dapat memberikan bantuan baik secara individual maupun kelompok kepada teman-temannya yang mempunyai masalah ataupun mengalami berbagai hambatan dalam pengembangan dirinya,” kata Ali.

Tidak hanya mahasiswa ULM saja yang menjadi Konseling Teman Sebaya, guru juga terbuka untuk mengimplementasikannya. Dalam kesempatan webinar tersebut di ikuti ratusan peserta yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor III ULM Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP. (fin/K-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya