Tanah Laut Tuai Prestasi Ditengah Pandemi

Pelaihari, KP – Meski sedang dilanda pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) tetap menuai banyak prestasi tahun 2020. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Bupati Tala HM Sukamta pada pidatonya dalam acara Puncak Peringatan Hari Jadi ke-55 Kabupaten Tala, di Halaman Kantor Bupati Tala, Pelaihari pada Senin (14/12/2020).

Adapun prestasi yang diraih Pemkab Tala diantaranya, Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim Tingkat Kabupaten/Kota tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah selama 7 tahun berturut-turut dan Terbaik kedua Perencanaan Pembangunan Daerah tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Berbagai capaian dan keberhasilan tersebut berkat kerja keras, keseriusan dan dukungan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Tala. Ini perlu kita tingkatkan lagi sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi kita dalam menghadapi masalah yang lebih kompleks kedepan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Sukamta juga memaparkan geliat pembangunan Bumi Tuntung Pandang yang terus berjalan didalam tujuh program unggulan kabupaten Tala, yaitu Program kredit tanpa agunan dan bunga nol persen untuk sektor pertanian, nelayan, perikanan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tercatat sampai bulan Oktober 2020 telah menyalurkan kredit kepada 784 nasabah senilai Rp 6,4 miliar.

Begitupun dengan peningkatan alokasi Dana Pembangunan Desa sebesar 50 persen, yang mana dalam pelaksanaannya tahun 2020 justru melampaui target yaitu 67 persen atau senilai Rp 127,2 miliar.

Kegiatan keagamaan dan sosial disetiap kecamatan dialokasikan sebesar Rp 1 miliar, program ini telah dilaksanakan melalui sistem penganggaran pada kegiatan sosial dan keagamaan dengan mekanisme hibah.

Berita Lainnya
1 dari 312

Sementara itu untuk program pelatihan tenaga kerja “siap kerja” minimal 500 orang pertahun, program ini telah melampaui target pada tahun 2020 yaitu 715 orang tenaga kerja siap kerja, pada sektor pelayanan kesehatan oleh dokter/paramedis langsung ke rumah secara gratis telah dilaksanakan melalui program Public Safety Center (PSC) 119, yang mana sampai dengan bulan November 2020 telah melakukan layanan on call emergency 433 kali, non emergency 1.824 kali dan melakukan kegiatan sebanyak 41 kali.

Peningkatan/pengaspalan minimal 85 persen jalan kabupaten pun juga terus dilakukan, dimana tahun 2020 tercatat sebanyak 59 persen dari jalan kabupaten dengan keadaan mantap (baik dan sedang), sementara untuk program menginap bersama masyarakat di 135 desa/kelurahan selama masa jabatan terus berjalan meski sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, tercatat sudah 40 desa yang telah dilaksanakan kegiatan Manunggal Tuntung Pandang tersebut.

“Kami tentunya selalu memprioritaskan tujuh program unggulan kami ini dan alhamdulillah semua program berjalan dengan baik, inshaAllah akan kami penuhi sampai masa jabatan kami berdua habis,” jelasnya.

Bupati Tala juga menuturkan bahwa suasana peringatan hari jadi ke-55 Kabupaten Tala pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena hanya diadakan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Namun menurutnya makna mendalam dari peringatan hari jadi tahun ini tetap dapat dirasakan.

Meski virus corona membatasi kemeriahan kita, namun makna mendalamnya masih kita rasakan, inilah momentum sejarah yang sepatutnya kita kenang, renungkan, hayati dengan seksama dan selanjutnya menjadi inspirasi kita dalam bekerja dan berkarya bagi Tala, untuk Tala yang maju dan sejahtera,” ucapnya.

Bupati Tala mengungkapkan bahwa tema hari jadi ke-55 Kabupaten Tala yaitu “Rakat Mufakat, tanah Laut Sehat” selaras dengan upaya seluruh elemen masyarakat Bumi Tuntung Pandang yang berjuang melawan Covid-19.

“Kita bersama bekerja bahu membahu membangun masyarakat yang produktif era adaptasi baru dengan menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Disamping itu tema ini juga mengingatkan bahwa kita harus terus bersinergi dan bergandeng tangan membangun Tala,” ungkapnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya