UDD PMI Banjarmasin Layani Rapid Test

Banjarmasin, KP – Unit Donor Darah (UDD) Kota Banjarmasin siap melayani Rapid Test untuk mendeteksi tahap awal virus Covid-19 dengan tarif murah sekitar Rp 150 ribu.

“Saat ini karena baru membuka layanan warga masyarakat yang menggunakan layanan Rapid Test di UDD PMI Kota Banjsrmasin setiap harinya masih antara 10 hingga 20 orang ,” ungkap Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin dr Aulia Ramadhan Supit.

Dihubungi KP Jumat (11/12) dr Aulia Ramadhan menjelaskan, penunjukan fasilitas kesehatan pelaksanaan rapid test UDD PMI Kota Banjarmasin didasari surat dikeluarkan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Banjarmasin.

Surat penunjukan layanan rapid test di UDD PMI Kota Banjarmasin ujarnya, ditanda tangani Kadis Kesehehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi dengan Nomor :499.4/16111-YanSDK/XI/20/Diskes tanggal 24 Nopember 2020.

Sebelumnya ia juga mengungkapkan,UDD- PMI Kota Banjarmasin juga sudah memperkenalkan inovasi terbaru dalam pelayanan darah melalui metode Donor Trombosit Apharesis untuk menolong pasien penyakit demam berdarah.

Dijelaskan, jika donor darah mengambil semua elemen darah, sementara donor apheresis hanya mengambil elemen tertentu seperti trombosit dan mengembalikan kembali elemen lainnya ke tubuh si pendonor.

“Kelebihan donor darah trombosit hampir setara dengan 10 kantong trombosit biasa,” kata Aulia Ramadhan.

Berita Lainnya
1 dari 2.931

Ia mengatakan, memasuki musim penghujan saat ini selain perlu ditingkatkan kewaspadaan virus corona, tapi ancaman penyakit demam berdarah juga perlu diwaspadai.

Dalam kondisi ini lanjutnya, biasanya dibutuhkan cukup banyak persediaan trombosit untuk menolong pasien demam berdarah.

“Tapi dengan trombosit apharesis ini maka jika ada yang butuh 10 kantong trombosit tdk perlu mencari 10 org, namun cukup dengan hanya satu orang saja,” ujarnya.

Disebutkan, kelebihan lainnya adalah, bagi pendonor bisa mendonorkan kembali darahnya dalam dua minggu kemudian.

Aulia Ramadhan mengemukakan, pengerjaan melalui metode Donor Trombosit Apharesis hanya kurang lebih dua jam.

Menyinggung syarat Donor Apharessis. ia menjelaskan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan donor darah biasa yaitu harus memenuhi beberapa kriteria yang diberikan oleh pihak medis.

Perbedaan dalam Donor Apharssis, bagi pendonor pria harus memiliki berat badan minimal 55 kilogram, sedangkan wanita minimal 60 kilogram.

Kemudiaan memiliki kadar Hb 13-17 gram dan tekanan darah sistole antara 110 – 150 mmHg dan diastole antara 70 – 90 mmHg. (nid/k-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya