Bus Sekolah Kemenhub Tambah Kekuatan Angkutan Ceria Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin mendapat bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) berupa satu buah moda transportasi massal yang diperuntukkan kepada anak sekolah.

Bus Sekolah berwarna kuning dengan strip merah tersebut merupakan pemberian pemerintah pusat atas dukungan Komisi V DPR RI, M Rifqinizami Karsayudha.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, dengan adanya fasilitas antar jemput sekolah yang diberikan oleh Pemerintah Pusat tersebut, secara otomatis menambah kekuatan angkutan umum untuk pelajar di Kota Baiman ini.

“Kita juga mempunyai Angkutan Pelajar Ceria,

Jadi ini menambah kekuatan angkutan umum kita yang digunakan bagi para pelajar,” ucapnya usai menjalani simbolis penyerahan kunci, Selasa (12/1) pagi.

Orang nomor satu di Kota Banjarmasin itu mengaku sangat bersyukur atas adanya bus tersebut yang dikhususkan bagi siswa apabila sistem belajar tatap muka sudah diterapkan di Bumi Kayuh Baimbai ini.

“Alhamdulillah kita mendapat bantuan bus sekolah dari Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Pasalnya, menurut pria dengan sapaan Ibnu itu, pelajar memang seharusnya tidak menggunakan kendaraan bermotor karena belum mempunyai SIM.

Berita Lainnya
1 dari 2.941

“Jadi moda transportasi tambahan ni sangat bermanfaat dan diharapkan bisa mengurangi resiko kecelakaan bagi pelajar,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Banjarmasin, Fajar Putra Nugroho mengatakan, bus sekolah itu rencananya akan dioperasionalkan di wilayah Jalan Mantuil hingga Jalan Tembus Mantuil (Kantor Camat Banjarmasin Selatan).

Ia menjelaskan, bahwa jalan atau rute tersebut menjadi prioritas Dishub karena pelajar disana sangat antusias.

Berdasarkan catatannya, ‘Angkutan Pelajar Ceria’ yang sekarang ini dioperasikan sering penuh dan desak-desakan.

“Dengan adanya bus sekolah ini sangat membantu karena angkutan pelajar sering penuh,” katanya.

Fajar melanjutkan, rute Jalan Mantuil tersebut masih dalam pengecekan terlebih dulu apakah layak untuk dilalui bus sekolah.

“Bila tidak layak, alternatifnya rute jalan dialihkan ke Jalan Pramuka-Veteran,” tutupnya.

Disamping itu, Komisi V DPR RI, M Rifqinizami Karsayudha menyebut alasan utama Kota Banjarmasin menerima bantuan moda transportasi massal tersebut adalah karena Ibukota Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu penerima penghargaan Wahana Tata Nugraha.

“Semoga bus ini bisa memberi manfaat bagi para siswa,” ujarnya singkat. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya