Majelis Harus Kantongi Rekomendasi Satgas

Banjarmasin, KP – Guna mencegah terjadinya resiko penularan Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mengeluarkan surat terkait prosedur pengumpulan massa di masa pandemi Covid-19.

Pengumpulan massa yang dimaksud dalam surat bernomor 442.11/11746 -P2P Dinkes itu adalah jenis even kegiatan umum seperti Majelis Ta’lim, walimahan atau resepsi pernikahan maupun yang acara yang diselenggarakan oleh EO (Event Organizer).

Dalam surat yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin itu, seluruh kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa tersebut harus memiliki izin atau rekomendasi yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) kota setempat.

Lantas apakah setiap majelis yang rutin digelar oleh masyarakat wajib memiliki rekomendasi tersebut seperti yang tertera dalam surat?

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menjelaskan, bahwa surat tersebut merupakan bentuk imbauan saja.

“Selama ini sudah jalan. Itu hanya sosialisasi ulang saja. Cuman ada sebagian yang belum tahu sehingga disosialisasikan ulang,” ujar Machli, kemarin (6/1)

Ia membeberkan, saat ini jumlah majelis yang sudah mengantongi izin masih sedikit, sehingga masih ada majelis yang tidak mengajukan rekomendasi atas kegiatan yang dilakukan.

Berita Lainnya
1 dari 2.192

Kemudian, sudah berapa jumlah Majelis Ta’lim yang mengantongi izin Satgas? Mengingat, belakangan ini sudah banyak pihak penyelenggara di Banjarmasin yang menggelar Majelis Ta’lim.

“Tidak banyak, cuman kita tidak tahu jumlah majelis ta’lim di Banjarmasin ini berapa. Ini mungkin kantor Departemen Agama yang punya,” jelasnya.

Kendati demikian, walaupun tak mengantongi izin, Machli mengaku, tidak akan membubarkan kegiatan Majelis Ta’lim yang sedang berlangsung.

Oleh karena itu, ia berharap, alangkah baiknya ada koordinasi antara pengelola majelis dengan tim Satgas Covid-19 setempat.

“Tidak ada yang dibubarkan. Hanya diedukasi saja. Kita tidak akan membubarkan kegiatan keagamaan,” tandasnya.

Sebelumnya bahwa tujuan dikeluarkannya surat yang langsung ditandatanganinya itu tidak lain adalah untuk mengurangi resiko penularan virus yang menginfeksi jaringan pernafasan manusia itu.

“Karena kita juga tidak ingin terjadinya penyebaran Covid-19 ini, yang sepertinya mulai naik lagi,” katanya.

Sehingga, pria dengan sapaan Ibnu itu yang menegaskan pihak penyelenggara yang ingin menggelar kegiatan berpotensi banyak massa wajib untuk meminta surat rekomendasi Satgas Covid-19. (Zak/K-11)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya