Objek Wisata Tanah Laut Terus Membaik

Pelaihari, KP – Setiap tahun ada yang menjadi fokus utama Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut dalam pembenahan lokasi wisata. Khusus untuk tahun 2020 pembenahan difokuskan pada lokasi wisata Pantai Batakan Baru dan Air Terjun Bajuin.

Selain pembenahan, Dinas Pariwisata juga memiliki program pencarian lokasi wisata potensial, sehingga tercatat pada tahun 2020 ada 7 lokasi wisata potensial salah satunya wisata Susur Sungai Panjaratan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Destinasi Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Riva Mahrani pada Jumat (8/1) di ruang kerjanya.

Hasil pengelolaan wisata tahun 2020 dikatakan baik dan mengalami peningkatan pengunjung setelah pembangunan fasilitas rampung.

Berita Lainnya
1 dari 488

“Perbandingan sejak bulan Juni naik bahkan sampai 4 atau 5 kali lipat” ujarnya.

Riva turut menyebutkan tahun 2021 ada satu lokasi wisata yang akan diperbaiki dan menjadi fokus utama yaitu Gunung Kayangan. Selain itu, akan ada 8 lokasi penggalian potensi wisata 2021, diantaranya Air Terjun Desa Tanjung, Air Terjun Desa Damit Hulu, Gunung Keramaian, Gunung Paikat, Bukti Matah Pelaihari, Desa Sarikandi kec. Kurau, Bukit Shanghiang kec. Takisung dan Susur Sungai Muara Sanipah kec. Panyipatan.

Lebih lanjut, Riva berharap pembangunan perbaikan sarana prasana di Gunung Kayangan nantinya dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke Tanah Laut, menambah pendapatan daerah, dan ekonomi masyarakat sekitar meningkat.

“Mudah-mudahan masyarakat mau saling menjaga fasilitas yang sudah dibangun. Sebab tanpa adanya dukungan dan kebersamaan untuk menjaga bersama tempat wisata maka hal itu akan menyebabkan tempat tersebut terbengkalai serta akan menimbulkan kesan kurang menarik minat pengunjung,” tutupnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya