Pemerintah Diminta Beri Peluang Guru PPPK Jadi CPNS

Banjarmasin,KP – Anggota komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Yunan Chandra menyatakan mengapresiasi kebijakan pemerintah yang akan membuka formasi tenaga guru. Meski dengan status Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“kebijakan ini patut diapresiasi, karena selain untuk mengatasi kekurang guru dan masalah guru honor, tapi sekaligus sebagai salah satu jawaban aspirasi guru honor yang selama ini sangatlah mendambakan agar mereka bisa menjadi pegawai pemerintah,” kata Yunan Chandra. yang dikenal pendiri sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Banjarmasin ini.

Hal itu dikemukannya kepada {KP} Kamis (7/1/2021) kemarin, menanggapi keputusan pemerintah yang menjanjikan akan merekrut tenaga guru di seluruh Indonesia dengan sistem PPPK dalam tahun 2021 ini.

Meski mengapresiasi namun Yunan Chandra berharap. Agar perekrutan guru dengan sistem P3K tersebut bukanlah sebuah kebijakan yang bersifat tetap atau permanen.

Menurut anggota dewan dari Partai Nasdem ini mengharapkan, pemerintah harus tetap membuka peluang bagi guru PPPK untuk mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Yunan Chandra menjelaskan, bahwa guru PPPK

Berita Lainnya
1 dari 2.108

dengan guru berstatus PNS tidaklah sama.

Dalam ketentuan yang disampaikan pemerintah lanjutnya, meski guru PPPK memperoleh gaji,tunjangan dan hak-hak perlindungan lainnya yang sama dengan guru PNS, namun guru PPPK tidak mempunyai hak memperoleh pensiun seperti guru PNS.

Namun demikian Yunan Chandra mengatakan, tidak menutup kemungkinan guru PPPK juga menerima hak pensiun.

“Dari informasi yang saya terima Peraturan Pemerintah (PP) terkait aturan itu sedang disusun,” kata Yunan Chandra yang juga ketua yayasan salah satu lembaga pendidikan sekolah swasta di Banjarmasin ini.

Lebih jauh ia menjelaskan, meski diangkat dengan perjanjian kerja, guru PPPK bukanlah tenaga biasa melainkan pegawai profesional.

Selain itu, guru PPPK diharapkan mampu mendorong dalam upaya mempercepat peningkatkan kualitas pendidikan. (nid)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya