Tapin Bantu Logistik Warga Terdampak Banjir di Binuang dan HST

Rantau, KP – Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin meninjau dan memberikandukungan moril serta bantuan logistik berupabantuan bahan siap makan, sembako dan barang keperluan sehari-hari serta paket pencegahan covid-19 di beberapa lokasi, yaitu Kelurahan Raya Belanti Binuang Kab.Tapin, SSB Binuang Kab.Tapin, Posko Relawan Satuan Cepat (SAPAT) Binuang Kab.Tapin serta Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan fokus penyaluran bantuan di Desa Banawa Tengah Barabai, Sabtu 16/01/2021 kemarin.

Turut serta mendampingi Kepala Dinas Sosial H Samsi, Anggota DPRD Tapin H Adi Farma, Ketua PMI Tapin H Deddy Arief Budiman, dan tim Relawan.

Kedatangan Bupati langsung menuju posko penanggulangan Banjir dan dapur unum di Simpang Empat Cempaka Kelurahan Raya Belanti Binuang, 

Selanjutnya mendatangi tempat penampungan sememtara bagi war?a yang terdampak banjir di Gedung SBB Binuang.

Usai menyerahkan bantuan dan peninjaun tempat penampungan Bupati mengatakan, curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir ini menyebabkan perumahan warga di dekat aliran sungai terendam banjir, termasuk di Kelurahan Raya Belanti Kec Binuang, namun tidak separah yang terjadi di daerah lain di Kalimantan Selatan seperti Kab Hulu Sungai Tengah dan Kab Banjar

“Di Keluruahan Raya Belanti Binuang daerah rawa dan rumah warga banyak dekat sungai, apabila curah hujan tinggi akan mengalami banjir, namun bila sudah cuaca cerah air cepat turun, tidak seperti daerah lain, “ujarnya.

Namun pemerintah daerah tapin melalui BPBD Tapin tetap siaga dan mengavakuasi kalau ada rumah warga yang terendam banjir.

Berita Lainnya
1 dari 251

Kedepan untuk penanganan banjir khususnya di Kelurahan Raya Belanti akan di siapkan klotok agar warga bisa memanfaatkan untuk transportasi warga masyarakat menuju ke arah yang lebih aman.

“Penyiapan kelotok ini sebagai antisipasi kalau terjadi banjir berikutnya, karena kita tidak tahu kedepan apakah parah lagi atau sebaliknya, “ujarnya.

Selanjutnya Bupati dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kab Hulu Sungai Tengah untuk memberikan hal serupa kepada daerah tetangga yang terdampak bencana banjir.

Dijelaskan Bupati Tapin HM Arifin Arpan kedatangan dirinya ke Kabupaten tetangga yaitu Barabai tidak lain untuk memberikan bantuan logistik seperti nasi bungkus, beras, mie instan dan lainnya. Hal ini untuk meringankan masyarakat terdampak banjir.

“Kita ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah membantu sembako untuk warga masyarakat yang terdampak banjir,’’ katanya.

Disamping itu pula sesuai arahan Bapak Presiden RI diteruskan Gubernur Kalsel agar kita harus berpartisipasi kedaerah-daerah lainnya yang terdampak bencana banjir.

Pada kesempatan ini pulabupatimenghimbau kepada warga agar tetap waspada dan tetapmenjalinkomunikasi dengan para relawan sehingga setiap permasalahan dapat ditanggulangi sesegeeranya.

Kepada semua warga yang terkena bencana banjir agar tetap bersabar dan mudah mudahan bantuan dapat bermanfaat serta bencana cepat berlalu. (ari/k-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya