Bos Lintas Jawa Komandoi Aksi Bersih Sungai

Banjarmasin, KP – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Saut Nathan Samosir turun langsung ke dua titik lokasi di Banjarmasin untuk melakukan aksi bersih-bersih sungai.

Anggota fraksi DPRD Kota Banjarmasin sekaligus owner PT Lintas Jawa Group ini, berbaur langsung bersama relawan yang dilibatkan untuk membersihkan aliran sungai yang terhalang oleh sampah dan tumbuhan liar.

“Gotong royong ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Ke-48 PDI Perjuangan dan Bulan Bung Karno, dimana Gerakan Membersihkan Sungai ini serentak dilaksanakan di Indonesia,” ujar Samosir kepada awak media, Minggu (21/2).

Aksi bersih-bersih sungai ini, katanya lagi, dilakukan di dua lokasi berbeda, yakni di Jalan Purnasakti jalur 9 RT 18 dan Jalan Beguntan Raya RT 17, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat.

“Kita bersihkan semua yang menghalangi arus sungai, agar tidak menghambat aliran air jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Tadi, banyak sampah-sampah dan tumbuhan liar di sungai yang menyumbat. Semoga, dengan kegiatan ini sungai tidak buntu lagi yang dapat menyebabkan banjir,” tambah Samosir.

Ketua RT 17 Kelurahan Basirih, Jumadi Maulana, menyambut baik dengan adanya inisiatif membersihkan sungai di lingkungan tempat tinggalnya.

“Kami sangat mengapresiasi sekali, telah didatangi rombongan Pak Samosir yang terjun langsung ke lapangan untuk melakukan bersih-bersih di sungai Beguntan ini. Kami bangga dengan kepedulian beliau,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 861

Menurutnya, Sungai Beguntan merupakan titik vital yang menghubungkan ke Sungai Banyiur dan sungai Martapura. “Jika di sini buntu, di tempat lain bisa ikut terendam, seperti Asrama Tentara, Komplek Agraria dan PT Wijaya,” jelasnya.

Dihari yang sama, Samosir juga menyambangi warga korban musibah kebakaran yang terjadi pada hari Rabu (17/2/2021) dinihari lalu, di Jalan Simpang Belitung, Gang Mualimat, Kelurahan Kuin Selatan, Banjarmasin Barat.

“Kami ingin berkunjung langsung dan bertatap muka untuk memberikan semangat bagi warga yang tertimpa musibah. Kita mencoba memberikan sesuatu, meski nilainya tak seberapa, tapi diharapkan dapat membantu meringankan beban mereka,” kata Samosir.

Tak hanya itu, pengusaha jasa ekspedisi jalur laut ini juga akan menyediakan armada untuk mengangkut puing-puing pasca kebakaran yang masih berserakan di lokasi kejadian

“Kami coba memfasiltasi dengan armada kita sendiri untuk membantu pengangkutan puing bekas kebakaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RT 2 kelurahan kuin selatan, Tabrani, mengungkapkan rasa terimakasihnya atas kepedulian Samosir yang sudi datang langsung untuk mengunjungi mereka.

“Mewakili warga Kuin Selatan umumnya, dan warga RT 2 khususnya, kami mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan ini. Sedikit banyaknya, akan meringankan beban dan mengurangi trauma bagi warga yang menjadi korban kebakaran,” pungkasnya. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya