Bupati Ansharuddin Letakan Batu
Pertama Pembangunan Langgar Al Muhajirin

Paringin, KP – Dipenghujung masa jabatannya sebagai Bupati Balangan, H Ansharuddin berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Langgar Al Muhajirin di Perumahan Cahaya Muhibin RT 18 Desa Haur Batu kecamatan Paringin, Senin (15/02/2021).

Hadir juga dalam peletakan batu pertama pembangunan langgar, penjabat Sekdakab Akhriani, Ketua MUI Balangan KH Yusuf dan para Kepala OPD di lingkup Pemkab Balangan serta undangan lainnya.

Qastalani selaku panitia pembangunan langgar melaporkan, pembangunan langgar ini atas inisiatif warga perumahan yang merasa langgar yang sudah ada daya tampungnya kurang banyak.

“Kebetulan ada salah seorang warga kita yang mau mewakapkan tanahnya dengan ukuran kurang lebih 10 x 18 meter untuk dibangun langgar maka atas kesepakatan warga akan dibangun lah langgar yang lebih baik dan besar lagi,” ujarnya.

“Adapun langgar yang ada, yang dibangun pada tahun 2014 itu nantinya akan dijadikan TPA dan posyandu,” katanya lagi.

Disebutkannya, pembangunan langgar yang baru ini dianggarkan mencapai kurang lebih satu meliar.

 Sementara, Bupati H Ansharuddin mengatakan bahwa pemerintah daerah akan memperhatikan dan akan membantu pembangunan yang dilakukan oleh masyarakat, terlebih lagi pembangunan dalam bidang agama seperti pembangunan langgar atau mesjid.

Berita Lainnya
1 dari 489

“Dalam hal ini Pemkab membantu Rp 50 juta dan nantinya Insya Allah melalui dana CSR bisa lagi dibantu,” ucap bupati.

“Semoga nantinya proses pembangunan senantiasa mendapatkan ridho Allah SWT, dan diberikan kemudahan dan kelancaran, sehingga dapat terselesaikan tepat waktu dengan tujuan pembangunan segera dirasakan manfaatnya,” ungkap bupati.

Menurutnya, pembangunan tempat ibadah seperti ini bisa memberikan spirit baru yang bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, karena dari setiap perubahan diperlukan adanya peningkatan kualitas diri sehingga nanti ketika bangunan langgar sudah selesai dan berdiri megah, isinya pun penuh dengan jamaah-jamaahnya.

“Peningkatan kualitas terlihat dari animo masyarakat yang semakin tinggi dalam menyelenggarakan dan mengikuti berbagai aktivitas sosial keagamaan, seperti dalam kegiatan yang saat ini kita ikuti. Dengan begitu secara tersirat telah menunjukkan peningkatan kualitas kehidupan sosial yang berlandaskan agama sekaligus menunjukkan kepedulian warga masyarakat terhadap perkembangan dan upaya dakwah Islam,” tuturnya.

Ia berharap dengan dibangunnya langgar ini mampu memperkokoh kekuatan umat muslim dalam melaksanakan syi’ar sekaligus menyediakan media pendidikan Islami yang nantinya bisa menjadi salah satu solusi pencetak generasi muda yang berkualitas, di tengah perkembangan zaman saat ini.

“Penting bagi kita semua untuk terus menggalakkan pendidikan berbasis agama yang salah satunya dapat dilaksanakan di dalam musholla. Dengan semakin banyaknya jumlah langgar dan masjid yang dekat dengan lingkungan pemukiman warga, maka akan mempermudah tugas dalam memberikan pendidikan agama sebagai bekal di masa depan serta dapat meningkatkan kualitas keislaman dan keimanan masyarakat,” pesannya.

Dikesempatan itu pula, bupati H Ansharuddin berhasil mengumpulkan dana dari para Kepala OPD yang menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Langgar yang diberi nama Al Muhajirin sebanyak Rp 15 juta.

“Alhamdulillah hari ini mendapat bantuan (sumbangan, red) dari kepala OPD sebanyak Rp 15 juta,” imbuhnya. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya