Detik Akhir Jabatannya, Ibnu-Herman Kompak Pinta ASN Jaga Marwah Pemko

Banjarmasin, KP – Tepat Rabu (17/02) pukul 24.00 WITA, Ibnu Sina dan Hermansyah resmi mengakhiri masa bakti sebagai walikota dan wakil walikota Banjarmasin Periode 2016-2021.

Pasangan yang dikenal dengan slogan Banjarmasin Baiman dalam memimpin Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini, telah memasuki masa akhir jabatannya sebagai pemegang kebijakan, dan melepas seluruh atribut atau embel-embel sebagai pucuk pimpinan Kota Seribu Sungai ini.

Saat ditemui awak media, Ibnu Sina berpesan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) bahwa kepergian dirinya dari jabatan Wali Kota merupakan hal yang sudah lumrah terjadi ketika sudah memasuki lima tahun jabatan.

“Titip Pemko, titip Banjarmasin. Ada pertemuan, tentu ada perpisahan, Mudah-mudahan Kota Banjarmasin terus melanjutkan visi baiman, Barasih wan Nyaman,” ungkapnya di sela acara perpisahan bersama seluruh jajaran SKPD beserta anggota Forkopimda Kota Banjarmasin, Rabu (17/02) malam.

Menurutnya, program Baiman merupakan sebuah program yang sangat fundamental bagi tata kelola kota nan bersih dan Insha Allah mampu memberikan kenyamanan bagi warganya.

Ia mengaku, sudah pindah dari Rumah Dinas Wali Kota di Jalan Dharma Praja, Kecamatan Banjarmasin Timur itu ke rumah pribadinya sejak Selasa (16/02) yang lalu.

“Sejak kemarin kami sudah menempati rumah pribadi, dan sudah meninggalkan seluruh jabatan dan segala fasilitas milik negara yang ada,” tambahnya.

Kemudian, ia memiliki pesan khusus bagi seluruh ASN lingkup Pemko Banjarmasin untuk selalu kompak dan solid dalam menjalankan roda pemerintahan khususnya pelayanan kepada masyarakat.

“Jaga marwah pemerintah kota, ini yang selalu kita tekankan kepada seluruh jajaran SKPD, ” tandas Ibnu Sina.

Berita Lainnya
1 dari 3.239

Hal senada juga diutarakan oleh Hermansyah, ia berpesan kepada SKPD untuk melanjutkan perjuangan yang sudah diupayakan selama lima tahun terakhir, dan tetap memberikan manfaat bagi masyarakat kota Banjarmasin.

“Jaga marwah Pemko Banjarmasin. Karena karena diberikan mandat dan amanah oleh masyarakat, maka harus dijalankan dengan baik,” tukasnya.

Kedepan, sehabis melepas jabatannya sebagai Wakil Wali Kota Banjarmasin, Herman mengaku bawa ia akan tetap memberikan pengabdian kepada Kota Banjarmasin.

“Saya akan kembali seperti sebelumnya, masih melayani masyarakat. Terutama melalui organisasi KONI Kota Banjarmasin, Persatuan Sepakbola kota Banjarmasin (Peseban), dan pencak silat kota Banjarmasin,” tambahnya.

Selain itu, Herman berpesan agar seluruh jajaran Pemko Banjarmasin bisa mendukung siapapun yang kedepannya menjadi pemegang tongkat komando dalam pemerintahan Kota Banjarmasin.

“Siapapun yang menjadi pemimpin nantinya harus tetap didukung dalam menjalankan pemerintahan,” pungkasnya.

Prestasi demi prestasi ditorehkan pasangan Kepala Daerah itu, terlebih dalam hal membangun spirit baru untuk Kota Banjarmasin dengan spirit Kayuh Baimbai dan slogan Banjarmasin Baiman.

Selama 5 tahun memimpin kota Banjarmasin, terdapat 3 program prioritas yang dilakukan. Pertama pembenahan sungai-sungai untuk pariwisata berbasis sungai dan transportasi sungai.

Kedua melahirkan wirausaha baru berbasih UMKM untuk mengembalikan Kota Banjarmasin sebagai Kota perdagangan dan jasa. Ketiga, terkait layanan publik yang cepat tepat murah berbasis pada IT dengan program Smart City Banjarmasin.

Dari tahun 2016-2017 Pemko terus berupaya membenahi sungai-sungai yang ada di Kota Banjarmasin hingga sekarang. Wirausaha baru dengan target 2.500 selama 5 tahun pun tercapai, dan di tahun 2019 Pemerintah Kota Banjarmasin memperoleh WTP yang ke 7 kalinya.

Bahkan, di akhir tahun 2020 terkait dengan program lain seperti infrastruktur, membangun rumah sakit, trotoar dan normalisasi sungai juga ikut tercapai dan terwujud disertai dengan rampungnya Jembatan Bromo. Hal itu pun menjadi penutup manis dalam pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya