Jalur Alternatif Rusak
Bupati Balangan Minta Dishub Tutup Jalur Untuk Angkutan Berat

Paringin, KP – Dinas Perhubungan kabupaten Balangan diminta oleh Bupati Balangan untuk melakukan penutupan jalur alternatif untuk angkutan berat dari Jalan Gunung Pandau menuju Jalan Lingkar Timur yang berada di wilayah Garuda Maharam, Kecamatan Paringin, karena mengalami kerusakan cukup parah.

Bupati Balangan, H Ansharuddin menyampaikan pada saat rapat koordinasi dengan pihak Dishub, Dinas PUPR, serta Satlantas Polres Balangan yang membahas tentang kerusakan jalan di Gunung Pandau pada kawasan Garuda Maharam yang kondisi jalannya masih belum kokoh dan belum bisa dilintasi angkutan berat yang bermuatan di atas delapan ton.

“Saya minta Dishub dan seluruh jajaran terkait, menutup jalan Garuda Maharam. Sebagai alternatif, angkutan bisa melintasi Jalan Gunung Pandau, mengarah ke bundaran Paringin tanpa melintas di kawasan Garuda Maharam,” katanya, Senin (01/02/2021) kemarin.

Disebutkannya, Dinas PUPR akan melakukan perbaikan  bagian jalan yang berlubang dari anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Balangan melalui dana pemeliharaan.

Kepala Dinas PUPR Balangan, Ir Tuhalus mengatakan, dalam waktu cepat pihaknya akan melakukan pengecekan ulang terhadap kondisi jalan tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 489

“Jalan itu akan kami perbaiki, baik yang rusak ataupun yang berlubang akibat dilewati truk bermuatan berat,” kata Tuhalus.

Menurut dia, beberapa lokasi jalan yang rusaki di antaranya pada kawasan perumahan Garuda Maharam dan di area tikungan pada jalan tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Balangan, Rudiansyah Sofiyan membenarkan ada perintah dari Bupati Balangan untuk melakukan penutupan jalur alternatif untuk angkutan berat dari Jalan Gunung Pandau menuju Jalan Lingkar Timur yang berada di wilayah Garuda Maharam, Kecamatan Paringin.

“Tapi kami masih menunggu surat dari dari Bupati Balangan, kalau keluar suratnya akan kami lakukan penutupan dengar dasar surat dari Bupati Balangan,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pengalihan arus yang dilakukan oleh Dishub Balangan dan Satlantas Kabupaten Balangan, khusus angkutan yang di atas lima ton.

Truk-truk bermuatan lebih dari lima ton, diarahkan menuju Jalan Gunung Pandau ke Jalan Lingkar Timur Paringin dan keluar di pertigaan Haur Batu yang melintasi kawasan Garuda Maharam bagi pengendara dari Banjarmasin menuju ke Tanjung, begitu juga sebaliknya. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya