Kadispora Kalsel H Hermansyah
Dukung Program Virtual yang Diagendakan Percasi Kalsel

Dalam kondisi pandemic 19 yang belum tuntas, Percasi Kalsel membuat program kejuaraan catur virtual, yang mendapatkan dukungan dari Dispora Kalsel.

Kadispora, H Hermansyah.

Banjarmasin, KP – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)Provinsi Kalimantan Selatan, H Hermansyah memuji program virtual yang diagendakan Pengprov Percasi Kalsel. “Ini patut diteladani cabor lain. Ke depan, Dispora Kalsel siap berkoordinasi dan mendukung kejuaraan catur virtual yang dilaksanakan oleh Pengprov Percasi Kalsel,”

Dispora juga akan mendukung cabor-cabor yang ingin melakukan pertandingan secara virtual, baik untuk tingkat provinsi maupun tingkat nasional, seperti yang telah dilakukan induk organisasi olahraga catur banua,’’ kata Hermansyah.

Dikatakan Herman (sapaan akrab Kadispora Kalsel), pada saat ini selain dilanda wabah pandemic covid-19, banua kita juga diguncang bencana alam banir bandang, yang boleh dikatakan bencana paling dahsyat di Indonesia, karena menimpa 12 dari 13 kabupaten kota di Kalimantan Selatan.

’’Meskipun saat ini suasana mulai kondusif, kedalaman air sudah menurun, namun dampak yang ditinggalkannya membuat kita miris, banyak infrastruktur yang rusak dan hancur, termasuk sejumlah fasilitas olahraga. Atlet-atlet dan insan olahraga banua juga banyak yang terdampak, juga memberikan pengaruh psikis bagi yang bersangkutan,’’ kata Herman.

Namun semua komponen masyarakat Kalimantan Selatan menunjukkan soliditas dan rasa social yang tinggi, semua bahu membahu memberikan bantuan dan pertolongan, sehingga tidak ada korban yang sampai terlantar,’’pungkas Herman

Berita Lainnya

KORMI Kalsel Keluhkan Dana Hibah Minim

PGRI nyaris tumbangkan rekor Allstar

1 dari 324

-catur virtual

Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia hingga saat ini, termsuk Indonesia dan juga Provinsi Kalimantan Selatan, berdampak buruk terhadap berbagai agenda olahraga.

Namun demikian, hal ini justru jadi tantangan untuk semakin kreatif mengemas kegiatan olahraga. Seperti yang dilakukan oleh Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Kalsel.

Demi menerapkan protokol kesehatan anti Covid-19, Pengprov Percasi Kalsel fokus mengagendakan turnamen atau kejuaraan catur secara virtual atau online. “Solusi terbaik saat ini supaya para pecatur tetap berprestasi di masa pandemi, tentu saja dengan mengadakan kejuaraan atau turnamen catur virtual. Walaupun dirasa kurang semarak, namun catur virtual bisa jadi solusi,” sebut M Amin, Ketua Umum Pengprov Percasi Kalsel.

Pada 2020 tadi, Pengprov Percasi Kalsel telah menggelar sedikitnya tiga event kejuaraan catur virtual. Antara lain bertajuk Rektor ULM (Universitas Lambung Mangkurat) Cup 2020, kejuaraan catur pelajar se-Kalsel 2020, serta kejuaraan catur cepat tingkat provinsi se-Kalsel 2020.

“Semua event tersebut berlangsung dengan lancar dan tanpa kerumunan karena dilaksanakan secara virtual. Antusiasme para pecatur Kalsel dalam mengikuti kejuaraan catur virtual juga terbilang tinggi,” tambahnya.

Sementara, untuk tahun 2021 ini, Pengprov Percasi Kalsel akan kembali melaksanakan event kejuaraan catur virtual atau online. “Beberapa agenda merupakan kalender rutin Pengprov Percasi Kalsel. Selebihnya, ada kejuaraan terbuka dengan mengandeng pihak sponsor,” tambah Ketua Pengprov Percasi HM Amin yang memang dikenal sebagai penggemar berat olahraga catur. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya