Pembukaan MTQ Nasional Ke-46 Tingkat Kabupaten Tabalong Digelar Sederhana

Tanjung, KP – Bertepatan mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-45 tingkat Kabupaten Tabalong (23-26 Pebruari 2021) di gelar sederhana, dengan melakukan pengetatan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Tabalong yang  juga sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) setempat Dsr H Abdul Muthalib Sangadji M.Si, saat memberikan sambutan di acara pembukaan MTQ Nasional Ke-45 tingkat Kabupaten Tabalong belum lama tadi di Halaman Masjid An Noor Kecamatan Tanta.

Menurut Sangadji, secara umum kegiatan MTQ Nasional ke-6 di Kabupaten Tabalong ini dilaksanakan untuk berikan kontribusi membangun mental spritual bangsa. “karena MTQ Ke-46 pelaksanaannya di masa pandemi Covid-19, LPTQ Kabupaten Tabalong sepakat mengangkat tema “Dengan Semangat MTQ kita wujudkan insan qurani, melalui optimalisasi ikhtiar, berdoa dan tawakal dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujarnya.

“Begitu pula dengan seluruh kegiatan memperhitungkan Prokes, untuk tidak tertularnya Covid-19 baik bagi pelaksana, maupun peserta MTQ,” terang Sangadji.

Berita Lainnya
1 dari 246

Masih terkait pelaksanaan MTQ Nasional Ke- 46, Kabupaten Tabalong, Sekda Tabalong ini juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan kegiatan yang akan berlangsung di kecamatan tanta ini semua menerapkan Prokes Covid-19, yakni disiplin memakai masker, sering mencuci tangan , selalu menjaga jarak dan berusaha menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas yang tidak perlu agar dapat terhindar dari terjangkitnya Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Ketua LPTQ Kabupaten Tabalong ini juga mengungkapkan bahwa Al Qur’an merupakan sumber pengetahuan, serta mengandung nilai kehidupan mengajarkan mana yang hak dan mana yang bathil, mana yang baik dan mana yang buruk, “semua sudah digariskan dalam syariat Islam yang terkandung di dalam kitab suci Al Qur’an,” ujarnya.

“MTQ kali ini akan melombakan 20 cabang lomba, yang semua cabang lomba ini akan dimusabaqahkan pada MTQ tingkat Provinsi Kalsel, di Tanah Bumbu pada bulan April 2021 yang akan datang,” ujarnya.

Selaku ketua LPTQ Kabupaten Tabalong  Sangadji berharap agar MTQ ini dapat menghasilkan para juara yang berkualitas, siap bersaing dengan peserta dari kabupaten lain dan bisa mengembalikan apa yang telah raih Kabupaten Tabalong di MTQ sebelumnya, yakni di saat Kabupaten Tabalong menjadi tuan rumah melaksanakan MTQ tingkat provinsi Kalsel lalu. “Untuk meningkatkan kualitas peserta, tentu saja nanti panitia akan melakukan traning center, yang selama ini banyak berkontribusi meningkatkan kualitas dan Tabalong bisa mendapatkan hasil yang selalu baik,” ujarnya.

“Kami juga selaku ketua LPTQ Kabupaten Tabalong, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Tabalong, yang telah memberikan dukungan sepenuhnya, sehingga bisa dilaksanakan kegiatan MTQ Nasional Ke-46 Kabupaten Tabalong di Kecamatan Tanta, dan ucapan terimakasih juga kepada tim kerja MTQ Kabupaten Tabalong yang telah berusaha untuk kegiatan ini,” demikian pungkas Abdul Muthalib Sangadji. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya