Tak Dihapus, Pertamina Pastikan Premium Masih Dijual

Saat ini, hanya tersisa tujuh negara dari negara di seluruh dunia yang masih menggunakan BBM dengan RON 88 atau bensin Premium. Ketujuh negera itu diantaranya, Bangladesh, Colombia, Mesir, Indonesia, Mongolia, Ukraina dan Uzbekistan.

BANJARMASIN, KP – Bensin dengan kadar Research Octane Number (RON) 88 atau setara premium kabarnya bakal dihapus lantaran dianggap tidak ramah lingkungan. Bahkan di wilayah ASEAN tinggal Indonesia saja yang menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis itu.

Namun, rencana penghapusan BBM jenis Premium batal dilaksanakan. Pertamina memastikan masih akan menyalurkan Premium di tahun 2021.

Berdasarkan data yang dipaparkan Sales Branch Manager Pertamina Wilayah Kalsel dan Kalteng, Drestanto Nandiwardhana, negara tetangga seperti Malaysia saja, BBM dengan kualitas paling rendah adalah jenis RON 95.

Begitu pula dengan negara-negara tetangga lainnya, seperti Laos, Myanmar, dan Kamboja, juga tidak lagi menggunakan RON 88.

“Indonesia masih menjual BBM dengan RON dibawah 90. Sedangkan, negara tetangga kita sudah menggunakan oktan yang lebih tinggi, karena ramah lingkungan. Bahkan tertangga terdekat kita Malaysia, Singapura sudah tidak lagi menggunakan RON 88,” ungkap Destranto, saat kegiatan Sosialisasi Proses Distribusi BBM & LPG Di Kalimantan Selatan beberapa hari lalu.

Saat ini, hanya tersisa tujuh negara dari negara di seluruh dunia yang masih menggunakan BBM dengan RON 88 atau bensin Premium. Ketujuh negera itu diantaranya, Bangladesh, Colombia, Mesir, Indonesia, Mongolia, Ukraina dan Uzbekistan.

Berita Lainnya
1 dari 856

Dalam paparannya, Drestanto juga mengungkapkan, Indonesia menjadi negara yang menjual variasi BBM terbanyak, yaitu 6 jenis ; RON 88 (Premium), RON 89, RON 90 (Pertalite), RON 92 (Pertamax), RON 95 (Pertamax Turbo), dan RON 98 (Pertamax Racing).

Di wilayah ASEAN, Singapura misalnya, minimal yang dijual adalah BBM RON 92. Sementara di Malaysia, minimal yang dijual, yaitu BBM RON 95 dan BBM RON 97. Kemudian di Thailand (BBM RON 91 & BBM RON 95), Filipina (BBM RON 91, BBM RON 95, dan BBM RON 100), Vietnam (BBM RON 92, BBM RON 95, dan BBM RON 98).

Dikatakan Drestanto, sampai saat ini Pertamina masih tetap menyediakan dan menyalurkan Premium atau BBM RON 88 yang merupakan penugasan dari Pemerintah.

“Kita hanya melaksanakan tugas, sepanjang peraturan berlaku, penugasan itu tetap dijalankan Pertamina dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Namun, Pertamina mendukung agenda global untuk mengurangi kadar emisi gas buang kendaraan bermotor dan sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 20 Tahun 2017.

“Pertamina akan terus konsisten mengedukasi konsumen dan mendorong penggunaan BBM dengan kualitas lebih baik serta lebih ramah lingkungan,” pungkas Drestanto.

Pertamina saat ini masih menyalurkan dan menyediakan Premium di 4.700 outlet/SPBU yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, disamping jenis BBM lainnya.

Penugasan penyaluran BBM jenis Premium tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 serta Kepmen ESDM Nomor 1851 K/15/MEM/2018. (opq/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya