Kenapa Harus Mengkonsumsi Telur Ikan?

Oleh : Rifka Aslika Br Damanik
Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan

Dari zaman nenek moyang dahulu, daging ikan merupakan salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi. Sebagai masyarakat yang tinggal di daerah persisir saya pun gemar sekali memakan ikan. Hal ini di karenakan rasanya yang enak dan juga mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh manusia dengan harga yang terjangkau. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ikan mengandung protein yang tinggi tetapi bukan hanya dagingnya saja namun kandungan dalam telur ikan juga tak kalah baik dari dagingnya. Walaupun begitu, hal ini bukan berarti telur ikan juga menjadi salah satu makanan yang paling diminati banyak orang.

Telur ikan mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Telur ikan sangat baik untuk di konsumsi karena kandungannya rendah kalori, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, telur ikan mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin B2, B12, C, E, asam folat, fosfor, selenium, dan asam lemak omega-3. Secara umum kandungan nutrisi dalam telur ikan itu sama, namun ada beberapa jenis ikan yang memiliki telur dengan kandungan manfaat yang berbeda-beda pula.

Berita Lainnya

Pariwisata Banjarbaru dan Permasalahannya

1 dari 229

Walaupun ukurannya yang relatif kecil, namun ada terdapat banyak sekali manfaat pada telur ikan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti yang saya jelaskan tadi, telur ikan memiliki berbagai macam manfaat yaitu Meningkatkan Kesehatan Saraf Dan Otak, hal ini didapatkan dari kandungan asam lemak omega-3 yang sangat melimpah didalam tubuh ikan. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat mendukung perkembangan otak pada anak, sedangkan pada orang dewasa asam lemak omega-3 ini dapat menurunkan gejala depresi serta memperlambat proses penuaan dini. Memelihara Kesehatan Mata, ternyata tak hanya baik bagi pertumbuhan otak, telur ikan ini juga sangat berperan penting bagi kesehatan mata manusia. Dapat kita ketahui pada telur ikan terdapat asam lemak EPA dan DHA yang baik bagi penglihatan manusia baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu bila mengkonsumsi telur ikan dapat menurunkan resiko terkena penyakit mata seperti retinopati diabetik, mata kering, dan degenerasi makula. Meningkatkan Kekebalan
Tubuh, didalam telur ikan terkandung selenium yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang berlebih seperti, merusak organ dan sel-sel yang terdapat dalam sistem kekebalan tubuh yang membuat tubuh manusia mudah terkena infeksi dari berbagai penyakit. Selenium juga berfungsi sebagai peningkatan fungsi kelendar tiroid dan menjaga kesehatan mental pada manusia. Memelihara Kesehatan Jantung, selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, telur ikan juga dapat memelihara kesehatan jantung. Kandungan omega-3 dalam telur ikan dapat mencegah terjadinya pembekuan darah, melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Manfaat yang terdapat pada omega-3 tersebut sangat baik untuk mengurangi resiko terjadinya hipertensi yang dapat memicu penyakit jatung. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan kesehatan pada penderita penyakit jantung.

Dari penjabaran saya diatas, dapat kita ketahui bahwa kandungan yang terdapat pada telur ikan sangatlah baik bagi kesehatan tubuh manusia. Melihat kandungan nutrisi pada telur ikan yang sangat melimpah maka sangat di sayangkan apabila anda tidak mengkonsumsi telur ikan. Agar manfaatnya tidak hilang, saya sarankan untuk selalu mengolahnya dengan baik dan benar. Menurut saya metode pengolahan telur ikan yang baik ialah dengan cara di kukus. Namun, bukan berarti telur ikan tidak bisa di goreng maupun di gulai. Semuanya kembali lagi pada selera anda masing-masing.

Namun dari semua penjelasan diatas ada satu hal yang perlu diketahui yaitu segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan sangatlah tidak baik. Mengapa demikian? Karena dalam 30 gram telur ikan mengandung 165 mg kolesterol, yang mana jatah kolesterol yang dapat di konsumsi manusia ialah 300 mg per hari. Selain itu, didalam telur ikan terkandung sodium yang sangat tinggi. Dalam 30 gram telur ikan mengandung 420 mg sodium, yang mana jatah asupan garam pada manusia ialah 2300 mg per hari.

Maka, apabila terlalu banyak mengkonsumsi telur ikan dapat menyebabkan kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu, bagi anda yang mempunyai riwayat alergi terhadap makanan laut. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi telur ikan karena dapat memicu timbulnya alergi yang anda derita. Oleh karena itu, konsumsilah segala sesuatu sesuai dengan porsinya masing-masing dan juga dengan pengolahan yang baik dan benar agar kita bisa mendapatkan manfaatnya bagi tubuh kita.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya