Lampaui Target, Vaksinasi Massal Bakal Kembali Digelar

Banjarmasin, KP – Pemberian vaksin secara massal yang dilakukan di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin pada Selasa (23/03) hingga Rabu (24/04) yang lalu rupanya memberikan hasil yang memuaskan.

Pada awalnya, vaksinasi yang menargetkan para pedagang dan warga lanjut usia (lansia) sebagai penerima vaksin dari program Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin itu hanya menargetkan sebanyak 500 orang.

Namun berdasarkan data yang dihimpun awak media, kegiatan tersebut mampu melampaui target awal dengan jumlah penerima vaksin sebanyak 560 orang.

Pelaksana Harian (PLH) Wali Kota Banjarmasin, Mukhyar mengaku sangat mengapresiasi capaian yang didapat dari program vaksinasi tersebut.

Karenanya, ia menjanjikan, program vaksinasi serupa bakal terus berlanjut dengan melakukan vaksinasi di pasar-pasar lainnya yang ada di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

“Untuk target pasar lainnya, masih dijadwalkan,” ucapnya saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Namun, saat disinggung mengenai pemberian vaksin kelebihan sasaran yang sebelumnya diketahui terjadi saat vaksinasi di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin waktu itu, Mukhyar menanggapinya dengan santai.

Pasalnya, ketika pelaksanaan di hari pertama program vaksinasi massal di salah satu lokasi perniagaan terbesar di Kota Banjarmasin itu, fakta di lapangan banyak ditemukan warga yang bukan seharusnya menjadi penerima juga ikut bervaksin. Seperti pengunjung pasar, pegawai perbankan dan masyarakat umum lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.193

“Itu sudah menjadi rezekinya. Semua warga punya hak yang sama. Walaupun mereka tak diundang,” cetus Penjabat (PJ) Sekda Kota Banjarmasin itu.

Kendati demikian, Mukhyar memastikan bahwa yang menjadi prioritas utama di lapangan, tetaplah para pedagang di pasar.

“Selama vaksinnya masih tersedia, itu tak jadi masalah. Mereka pun menunggu gilirannya saja divaksin. Cuma waktunya saja yang belum,” tambahnya.

Mukhyar menilai, pada saat itu kemungkinan besar pelaksanaan vaksinasi di pasar Sentra Antasari itu dosis yang tersedia melebihi dari yang ditargetkan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk diberikan ke pedagang lainnya yang belum divaksin.

“Untuk mereka yang sedang beruntung. Sekali lagi semua akan di vaksin pada waktunya,” imbuhnya.

Lantas, bagaimana dengan vaksinasi bagi warga yang termasuk kategori lansia? Mukhyar mengakui bahwa saat ini program tersebut masih belum berjalan maksimal. Ia menilai hal itu terjadi karena beberapa hal.

Sebagian diantaranya, karena usianya yang sudah lanjut sehingga terdapat lansia yang kemungkinan memiliki gangguan kesehatan.

“Kemudian, kesulitan membawa dari rumah menuju tempat vaksinasi. Ini bisa menghambat capaian vaksinasi,” tulasnya.

Untuk itu, Mukhyar mengimbau kepada warga yang memiliki keluarga lansia agar lebih aktif membawa yang bersangkutan ke tempat vaksinasi. Seperti misalnya ke Puskesmas di wilayah masing-masing.

“Bagi yang memungkinkan bisa membawa lansia, kami imbau untuk bisa dibawa. Khususnya bila ada vaksinasi massal,” tutupnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya