Masih Uji Coba, DLH Belum Tutup TPS Kuripan

Banjarmasin, KP – Meski tembok bangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasar Kuripan sudah dibongkar oleh Satuan Petugas (Satgas) Normalisasi Sungai dan Penanganan Banjir (NSPB) Kota Banjarmasin, Namun operasionalnya TPS tersebut ternyata belum di tutup oleh dinas terkait.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Marzuki mengatakan, pihaknya membenarkan, bahwa TPS yang sering membuat kemacetan lalu lintas di ruas Jalan Veteran, Banjarmasin itu memang belum ditutup secara resmi oleh pihaknya.

“Memang belum kita tutup secara resmi. Tapi sudah kita batasi warga untuk membuang sampah ke TPS lain yang berdekatan,” ucapnya pada awak media melalui sambungan telepon, Minggu (28/03) malam.

Lantas, apakah kedepan lnya DLH akan berencana menutup TPS tersebut secara permanen? Karena, jika TPS tersebut diisi dengan volume sampah seperti hari-hari biasanya, TPS tersebut alan overload. Bahkan tumpukkan sampah akan meluber ke badan jalan.

Karenanya, Marzuki mengaku akan lebih mengintensifkan petugas serta angkutan sampah di lokasi TPS itu agar tidak sampai terjadi penumpukkan sampah.

Disamping itu, Pria dengan sapaan Jack ini menjelaskan, bahwa pihaknya memang berencana akan menutup secara permanen TPS Pasar Kuripan dan memindahkannya operasionalnya ke TPS yang baru saja dibangun di kawasan Jalan Veteran.

Pasalnya, DLH telah menutup operasional tiga TPS yang ada di Kecamatan Banjarmasin Timur. Dua TPS di Jalan Pramuka dan satu TPS di Persimpangan Sungai Gardu.

Berita Lainnya
1 dari 2.653

Selain tiga TPS tersebut, DLH Banjarmasin juga berencana akan menutup secara permanen dua TPS yang ada di Jalan Veteran, yaitu TPS Pasar Kuripan, dan TPS Gudang Kulit.

“Sekarang tiga itu dulu, selain uji coba, sambil kami lihat bagaimana aktivitas di TPS yang baru, apakah akan menumpuk atau lancar-lancar saja,” jelasnya.

Agar sampah tidak lagi menumpuk di TPS Veteran dan TPS Gudang Kulit, DLH juga berencana akan menjalankan program tempat sampah surung sintak di TPS tersebut.

“Surung sintak juga menjadi salah satu alternatifnya. Memang saat ini masih ada aktivitas di sana, tapi lambat laun penutupan TPS pasti akan terjadi,” ujarnya.

Dengan ditutupnya tiga TPS tersebut maka aktivitas pembuangan sampah di alihkan ke TPS baru.

TPS baru tersebut berlokasi di Jalan Veteran, tepatnya eks lokasi Pasar Buah Pengambangan, Banjarmasin.

“Jadi warga yang biasa membuang sampah di TPS yang sudah kami tutup, silahkan membuang sampah ke TPS yang baru. Membuangnya harus sesuai aturan, dari pukul 20.00 sampai 06.00 wita,” pungkas pria dengan sapaan Jack itu. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya