Mekanisme US Luring Diserahkan ke Sekolah

Banjarmasin, KP – Senin (29/03), seluruh seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 9 dijadwalkan melaksanakan Ujian Sekolah (US) secara tatap muka atau luring.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto menjelaskan, US tatap muka sangat perlu dilakukan, mengingat tidak semua sekolah maupun siswa yang memiliki fasilitas belajar secara daring.

“Pengawasannya juga susah kalau US di rumah masing-masing. US ini idealnya tatap muka, karena ada sebagian siswa yang tidak punya fasilitas untuk daring,” ucapnya saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon, Minggu (28/03) sore.

Totok menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Tim Penanganan Covid-19 dalam hal pendampingan saat US secara tatap muka.

“Koordinasi dengan tim satgas juga sudah untuk meminta pendampingan, karena siswanya juga tidak banyak,” ungkapnya.

Adapun mekanisme US secara tatap muka, yakni sesuai dengan kebijakan masing-masing sekolah.

Seperti dilakukan oleh SMP Negeri 9 Banjarmasin, yang berencana melaksanakan US tersebut secara komputerisasi.

Berita Lainnya
1 dari 3.193

“Karena fasilitasnya memadai US nanti pakai komputer, sehingga dapat memudahkan guru dalam proses penilaian,” kata Pahri, Kepala SMPN 9 Banjarmasin.

Bahkan dalam pelaksanaan US SMPN 9 Banjarmasin mengujikan 10 mata pelajaran, dengan waktu masing-masing 120 menit.

Masing-masing mata pelajaran memiliki 50 soal pilihan ganda, kecuali mata pelajaran IPA dan Matematika yang hanya berjumlah 40 soal.

“Semuanya pilihan ganda 50 soal, kecuali mapel eksak hanya 40 soal ” jelas Pahri.

Hal berbeda dalam pelaksanaan US tatap muka di SMP 7 Banjarmasin, yang dijalankan secara konvensional.

Kepala SMPN 7 Banjarmasin, Kabul menjelaskan dipilihnya ujian berbasis kertas dan pensil tersebut, lantaran minimnya fasilitas komputer di sekolah.

“Pakai kertas pensil seperti biasa, kalau pakai komputer tidak cukup, dan kalau dipaksakan bisa sampai malam, karena dibatasi kan siswanya,” jelasnya singkat. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya