Membudayakan Literasi Menguatkan Ekonomi

Barabai, KP – Bupati Hulu Sungai Tengah yang diwakili Asisten Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah H.Ehwan Rijani membuka secara resmi kegiatan pembinaan literasi bagi komunitas literasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kamis ( 18/03/2021).

Dalam sambutan tertulis Bupati HST H.Aulia Oktafiandi yang diwakili oleh H.Ehwan Rijani, mengatakan bahwa upaya memajukan literasi berarti turut memajukan ekonomi kreatif. Sedangkan basis ekonomi kreatif adalah pengetahuan, dan pengetahuanlah yang akan menjadi daya inovasi yang tak henti dan pengetahuan didapatkan dari membiasakan membaca kemudian mengeluarkan ide dan pemikiran melalui tulisan. 

Oleh karena itu, menurutnya Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kepada Balai Bahasa Prov. Kalsel dan menilai sangat penting sekali dengan kegiatan pembinaan literasi bagi komunitas literasi ini sebagai upaya penguatan literasi di Kab HST.

“Kami menghimbau melalui kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para komunitas literasi dan perpustakaan dalam upaya membudayakan literasi serta menggerakkan pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” kata Ehwan.

Katanya lagi, sejalan dengan gerakan literasi Nasional yang merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antar unit utama pelaku gerakan literasi, saya mengajak semua pemangku kepentingan termasuk komunitas literasi, dan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan gerakan literasi guna menumbuhkan budaya literasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Berita Lainnya
1 dari 416

Sebelumnya itu Plh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kal-Sel Mangara Siagian  mengatakan bahwa kegiatan pembinaan komunitas literasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ini merupakan agenda program dari Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Tanah Bumbu dan nantinya juga akan dilanjutkan di Kabupaten/Kota lainnya.

“Sejak Gerakan literasi digulirkan pada tahun 2016, gerakan literasi sudah menggaung baik itu gerakan literasi keluarga, sekolah dan masyarakat dan kegiatan pada hari ini merupakan salah satu upaya kami menggalakkan budaya literasi dengan pembinaan bagi komunitas literasi yang ada di desa sehingga harapannya mereka-mereka ini sebagai ujung tombak yang nantinya bisa membudayakan literasi pada masyarakat di desa”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.HST, Mardiono mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan yang telah melaksanakan kegiatan pembinaan literasi bagi komunitas literasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi bersama dalam menggalakkan budaya literasi khususnya di Kab. HST sehingga akan sinergis dengan program dan kegiatan yang kami lakukan sebagai upaya membudayakan literasi di kab. HST disamping juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di desa melalui literasi,’ ungkapnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 18 s.d 19 Maret 2021 ini diikuti peserta sebanyak 50 orang yang terdiri dari 21 desa se kab HST dari pegiat literasi dan pengelola perpustakaan di Desa. Bertindak selaku narasumber Risa Risdariani yang merupakan instruktur literasi Balai Bahasa Prov. Kalsel dengan materi strategi dan praktik membaca dan Masruswian dari pegiat literasi Kab. HST dengan materi strategi dan praktik menulis. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya