Tahun 2022, Pile Slab Veteran Mulai Dibangun

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin berencana membangun jalan lingkungan di kawasan Jalan Veteran. Tujuannya, agar tak ada lagi jembatan yang melintang di kawasan Sungai Veteran.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Muryanta menjelaskan bahwa jalan lingkungan tersebut akan dibuat dengan lebarnya sekitar 7 meter dengan struktur pile slab.

“Utamanya, dari Tepekong sampai Kuripan. Tapi tergantung kemampuan. Apakah ini nanti bisa dalam satu tahun anggaran atau dua tahun anggaran. Yang jelas pengerjaannya dimulai tahun 2022,”ungkapnya.

Menurutnya, kajian terhadap pembangunan itu atau feasibility study-nya harus dibuat di tahun ini. Sembari membuat itu, di bulan Desember nantinya, lelang terkait pengerjaan pun bisa dibuka.

Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Banjarmasin, H Mukhyar menjelaskan, pembangunan jalan tersebut akan dilakukan mulai kawasan Tempekong sampai kawasan Simpang Ulin, kemudian dilanjutkan hingga ke kawasan Jalan Kuripan.

Berita Lainnya
1 dari 3.201

“Jadi ini sebuah jalan berbentuk jembatan dengan lebar tujuh meter. Untuk tahap pertama sampai simpang ulin dulu, setelah itu nanti berkelanjutan hingga Jalan Veteran,” ujarnya, saat ditemui usai rapat koordinasi penanganan pasca banjir dengan instansi terkait lingkup Pemkot Banjarmasin, Rabu (10/3) .

Sedangkan untuk di kawasan Jalan Ahmad Yani, terangnya lagi, normalisasi akan dilaksanakan dengan melakukan perbaikan siring.

“Dari Dinas PUPR insya Allah siap melaksanakan perbaikan-perbaikan itu, dan kita juga sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Jalan dan Balai Sungai,” tukasnya.

Terkait kapan akan dilaksanakan kegiatan tersebut, kembali, pria yang juga menjabat sebagai Plt Sekdakot Banjarmasin ini mengatakan, untuk pengerjaan perbaikan siring di sepanjang Jalan Ahmad Yani akan dilaksanakan setelah dilakukan pemantauan kawasan mana yang perlu pembenahan segera.

Sedangkan untuk pembangunan jalan dengan teknik pile slab, saat ini masih dalam tahap perencanaan dan menunggu pelaksanaan pelelangan.

Untuk diketahui, pondasi pile slab merupakan struktur pondasi yang ditumpu oleh sistem kelompok tiang pancang dan diikat oleh pile cap yang digunakan untuk menahan dan meneruskan beban dari struktur atas ke dalam tanah, yang mempunyai daya dukung untuk menahannya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya