Total 500 Pokir DPRD HSS untuk Pembangunan 2022

Kandangan, KP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menyampaikan total sebanyak 500 usulan pembangunan berbagai bidang untuk tahun 2022.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kabupaten HSS Akhmad Fahmi, saat musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun anggaran 2022, Selasa (23/3/2021) di Pendopo Bupati HSS.

Akhmad Fahmi mengungkapkan, seluruh fraksi di DPRD telah menyampaikan total 500 pokok pikiran (Pokir) yang dimasukkan dalam aplikasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD).

Pokir DPRD tersebut terangnya, merupakan bagian dari hasil reses masing-masing anggota. 

“Pokir DPRD mengakomodir semua bidang, di antaranya infrastruktur, ekonomi, hingga sosial budaya,” sebut politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

Akhmad Fahmi memaparkan, berdasarkan isu strategis pembangunan maupun visi Kabupaten HSS, Pokir DPRD di antaranya mengurangi tingkat kemiskinan dengan mengurangi beban biaya hidup, dan fasilititasi peningkatan pendapatan bagi kelompok masyarakat miskin.

Lalu, peningkatan cakupan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, air minum dan sanitasi, termasuk bantuan sosial terutama di wilayah yang kemiskinannya tinggi.

DPRD juga berharap adanya sinergisitas Pemkab HSS dengan desa, melalui dana desa dengan program untuk mengentaskan kemiskinan agar terarah dengan sebaik-baiknya.

Berita Lainnya
1 dari 459

Kemudian, mengurangi pengangguran terutama dalam menghadapi persaingan pasar kerja global,serta fasilitasi peningkatan daya saing tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja. 

Fahmi juga menyebutkan terkait peningkatan peran dunia usaha, melalui pemberdayaan program corporate sosial responsibility (CSR).

Ia menambahkan, Dewan juga berharap adanya pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Pada penyusunan RKPD tahun 2022 itu terangnya, DPRD mengikuti secara aktif semua tahpan mulai tingkat Musrenbang di kecamatan, forum konsultasi publik, hingga Musrenbang di tingkat Kabupaten.

“Semoga? Musrenbang ini mampu mewujudkan kesamaan pandangan dan pemahaman, terkait kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten HSS yang ?memperhatikan sinergisitas perencanaan pembangunan provinsi dan nasional,” ucapnya, mendoakan.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, tentunya berbagai usulan, harapan termasuk Pokir Dewan akan dirumuskan dalam Musrenbang tersebut. 

“Banyak harapan masyarakat yang disampaikan melalui pokir dewan. Melalui Musyawarah ini kita akan merumuskan format skala prioritas yang harus kita lakukan,” ucapnya, diwawancarai usai pembukaan Musrenbang tersebut. 

Bupati Achmad Fikry mengucapkan terima kasih pada semua unsur yang terlibat dalam penyusunan RKPD 2022, mulai dari Musrenbang di desa sampai Kabupaten. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya