Bupati Dorong Baznas Lebih Banyak Bentuk UPZ

Martapura, KP – Bupati H Saidi Mansyur didampingi Wakil Bupati H Said Idrus Al Habsyie dan Sekda HM Hilman memimpin Rapat Koordinasi Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS) dan Pembentukan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) bersama Baznas Banjar, di Aula Barakat Martapura.

Bupati Saidi Mansyur sangat mengapresiasi peran Baznas dan berjanji terus mendukung segala program yang dilaksanakannya guna meningkatkan kinerja. Dia juga mendorong agar kedepannya Baznas lebih banyak lagi membentuk UPZ di lingkup SKPD maupun perusahaan swasta di Kabupaten Banjar

”Harus ada peningkatan dari tahun sebelumnya, mudah-mudahan dananya tercukupi dan kita bisa merealisasikan harapan untuk menolong masyarakat yang butuh perhatian dan kepedulian,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai tugas dan fungsinya, Baznas perlu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Banjar.

Berita Lainnya
1 dari 548

Ketua Baznas Banjar HM Yuseran Ya’cub menambahkan, pendistribusian dan pendayagunaan ZIS dilakukan melalui 5 program, yakni Banjar Taqwa yang penyalurannya kepada mustahik secara komprehensif dan untuk syiar agama, seperti santunan kepada mualaf. Lalu Banjar Peduli, yakni program layanan kepada perorangan maupun kelompok masyarakat yang bertujuan memenuhi kebutuhan bahan pokok dan bantuan darurat bencana. Kemudian Banjar Sehat, program membantu pengobatan dan layanan kesehatan berupa biaya pengobatan (rawat inap), rujukan rumah sakit dan pengobatan penderita penyakit berat.

”Ada juga Banjar Cerdas, program membantu pendidikan bagi siswa yang orang tuanya kurang mampu, seperti beasiswa tingkat SD, SMTP, SMTA, PT, serta perlengkapan sekolah,” katanya.

Serta Banjar Makmur, program membina dan mempercepat keberhasilan usaha kecil rumah tangga melalui tambahan modal usaha, peralatan usaha serta rangkaian pembinaan produktivitas pertanian agar produktif dan mandiri.

”Kami juga mengajak semua ASN di instansi vertikal untuk berperan serta melalui Baznas dan mendorong segera terbentuknya UPZ,” katanya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya