Dispersip Gali Potensi Anak

Banjarmasin, KP – Sebagai upaya menggali potensi dan mengembangkan minat baca terhadap anak-anak serta pengembangan wawasan kedaerahan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menggelar lomba siswa-siswi tingkat SD/MI se Kalsel tahun 2021 di Aula Dispersip Kalsel dengan lewat bertutur.

Kepala Dinas Dispersip, Hj Nurliani Dardie mengatakan, kegiatan ini tidak lain adalah untuk menumbuhkan minat baca di usia dini, karena dengan bercerita secara otomatis si anak akan membaca dan bisa mengekspresikan diri mereka saat bercerita, dan diutamakan cerita mereka terkait dengan unsur kedaerahan.

“Dengan bercerita dihadapan publik dapat meningkatkan kepercayaan bagi anak anak serta membuka wawasan dan keyakinan yang dimiliki sehingga bisa mengekspresikan serta meresapi nilai nilai budaya khususnya daerah,” katanya, Kamis (8/4/2021).

Nur Rohmah, Kepala Bidang Perpustakaan Tanah Bumbu mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut sangat bagus dan baik sekali. “Kita bisa melihat serta mengembangkan potensi yang dimilikinya terutama anak anak. Dimana sengan bertutur tersebut mereka harus mengusai bahan yang dimiliki. Artinya referensi buku–buku bacaan juga menjadi sumber yang harus diketahui para peserta,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 3.193

Diharapkan, lomba bertutur tersebut menggali potensi dan mempersiapkan kader storytelling atau pencerita, pendongeng untuk generasi berikutnya.

“Nantinya diharapkan anak-anak tersebut bisa menularkan minat bacanya kepada anak anak lainnyasehingga kecintaan terhadap buku bacaan maupun storytelling selalu diminati,” pungkasnya.

Lomba bertutur tersebut diikuti 13 Kabupaten dengan tiga dewan juri Laila Rahma Wati Kepala Perpustakaan UIN Banjarmasin, Abdul Syukur (Sastrawan) dan Bayu Bastari (Teaterawan).

Dalam lomba tersebut keluar sebagai pemenang, Juara Pertama Keyra Ameera dari Kota Banjarmasin dengan Point 2500, kemudian juara kedua Siti Nurhatul Hasanah Kota Baru dengan point 2470, juara ketiga M, Rekha Al Azis dari Tabalong dengan point 2460 dan harapan didapat oleh HSS dengan point 2430. (fin/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya